Bale Kab BandungHankam

Khawatir Tergerus Air, Polsek Ibun Bantu 200 Karung untuk Tanggul Darurat

Kapolsek Ibun Iptu Asep Dedi saat meninjau pembuatan tanggul darurat di bantaran sungai di Desa Tangulun RW 07 Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung, Rabu (2/11). by Robby Thea
Kapolsek Ibun Iptu Asep Dedi saat meninjau pembuatan tanggul darurat di bantaran sungai di Desa Tangulun RW 07 Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung, Rabu (2/11). by Robby Thea

IBUN – Selain mengakibatkan banjir, meluapnya air Sungai Citarum juga menggerus tanah di bantaran sungai di Desa Tangulun RW 07 Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. Kondisi ini dikhawatirkan bisa mengakibatkan rumah warga yang berada tak jauh dari bantaran sungai ikut terbawa derasnya luapan Sungai Citarum.

Karenanya beberapa personil Polsek Ibun, Pol PP Kecamatan Ibun dan masyarakat sekitar lokasi ikut membantu dalam pelaksanaan kerja bakti membuat tanggul dengan karung berisikan tanah, batu dan pasir, Rabu (2/11/16). Polsek Ibun sendiri menyumbangkan 200 lembar karung plastik yang kemudian dibuatkan tanggul untuk menahan tanah dari gerusan air sungai.

“Kami menyumbagkan 200 lembar karung plasti untuk menahan gerusan air sungai dan untuk mencegah luapan Sungai Citarum menggenangi rumah warga. Kami juga memberikan sumbangan berupa beras, mie instan, air meneral bagi warga sekitar yang jadi korban banjir akibat luapan Sungai Citarum,” kata Kapolsek Ibun Iptu Asep Dedi.

Asep menambahkan sebelumnya pun di lokasi langganan banjir tersebut sudah dipasangkan tanggul. Namun karena sudah lama tanggul buatan itu pun rusak akibat gerusan air sungai. “Makanya kita bekerjabakti untuk membuat tanggul darurat buatan yang baru,” imbuh kapolsek.

Saat banjir terakhir di Desa Tanggulun terdapat 1.112 kepala keluarga yang menjadi korban banjir. Ketinggian air yang menggenangi rumah warga yang dihuni ribuan jiwa itu rata-rata mencapai 1 meter. Asep pun berharap dengan adanya penanggulan banjir itu, dapat meminimalisir ancaman banjir di saat turun hujan deras.

Tags
Show More

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker