Bale KBBHumanioraLingkungan

KLH KBB Bangun 13 Sumber Biogas Kotoran Sapi

bb-biogas_sapiLEMBANG – Sebanyak 13 sumber pengolahan kotoran sapi akan dibangun di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan sekitarnya. Nantinya kotoran sapi itu akan dimanfaatkan sebagai bahan baku biogas untuk bahan bakar dan pupuk organik.

Guna merealisasikan rencana itu saat ini tim dari Kantor Lingkungan Hidup KBB sedang melakukan survei lapangan untuk mencari lokasi yang tepat bagi pembangunan instalasi biogas kotoran sapi tersebut.

“Kami akan manfaatkan kotoran sapi yang selama ini dituding jadi salah satu penyebab pencemaran lingkungan. Diharapkan dengan memanfaatkannya untuk biogas maka limbah itu bisa berdaya guna,” tutur Kepala KLH KBB Apung Hadiat Purwoko kepada wartawan.

Pembangunan biogas kotoran sapi itu diharapkan bisa menekan pembuangan limbah kotoran sapi ke sungai. Sebab diakuinya saat ini tidak sedikit peternak yang masih membuang kotoran sapi langusng ke anak-anak Sungai Cikapundung.

Menurutnya pembangunan 13 tempat biogas tersebut memang tidak akan bisa secara menyeluruh menyelesaikan persoalan limbah kotoran sapi. Namun paling tidak dapat mengugah masyarakat secara swadaya membangun tepat pengolahan kotoran sapi secara mandiri. Ini mengingat saat ini dari populasi sapi di KBB yang mencapai 34.000 ekor setiap harinya menghasilkan sekitar 85 ton kotoran sapi, sehingga jika tidak diolah maka menjadi persoalan bagi lingkungan sekitarnya.

“Rencananya biogas dari kotoran sapi itu bisa dimanfaaatkan untuk bahan bakar memasak dan energi listrik sehingga peternak nantinya tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli gas atau membayar listrik,” ungkap Apung. [fik]

Tags
Show More

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker