Kodim 0618/BS Pasang 75 Jaring di Anak Sungai Citarum

Kamis, 1 Maret 2018 | 09:36:16 | Penulis : bb3 | 187 Kali dilihat

Kodim 0618/BS memasang jaring di anak Sungai Citarum.

BANDUNG – Dalam rangka mendukung suksesnya Citarum Harum, Kodim 0618/BS memasang jaring di anak Sungai Citarum. Jaring dipasang di setiap perbatasan wilayah di Kota Bandung.

Pemasangan jaring tersebut atas inisiatif Dandim 0618/BS Kolonel Inf Arfin Dahlan. Dia menyebut ada total 75 jaring yang dipasang di setiap kelurahan di Kota Bandung. “Tujuannya guna membatasi jumlah sampah perkotaan yang menuju ke Sungai Citarum,” terang Arifin.

Dandim mengatakan, untuk tahap awal, baru akan ada 14 titik di tiap wilayah Kota Bandung yang akan dipasang jaring. Namun kedepannya, kata dia, sebanyak 75 jaring akan dipasang dengan masing-masing kelurahan memasang satu jaring.

“Titik pemasangannya telah ditentukan pada saat pelaksanaan survei terpadu oleh Kodim 0618/BS beserta Pemda dan seluruh organisasi kemasyarakatan,” ungkap Dandim.

Selain sebagai penyaring sampah perkotaan, pemasangan jaring ini juga sebagai upaya mengedukasi masyarakat. Sehingga masyarakat sadar dan tidak lagi membuang sampah ke sungai.

“Dengan adanya pemasangan jaring, dapat mendorong masyarakat yang berada di setiap kelurahan memiliki tingkat kesadaran dalam hal lingkungan. Karena semakin sering masyarakat membuang sampah di sungai, maka di wilayah sungainya akan terjadi penumpukan sampah,” pungkas Dandim. []

Berita Terkait