Bale Kab BandungPeristiwa

Kodim 0618/BS Beberesih di Sungai Cikapundung

bb-rk-dandim-dayeuhkolot2BOJONGSOANG – Sebanyak 600 personil TNI dari Kodim 0618/BS (Berdiri Sendiri) beberesih Sungai Cikapundung dari tumpukan sampah di Kampung Cijagra, Desa/Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Kamis (24/3/16).

Dandim 0618/BS Kolonel Inf Agoes Hari Soewanto mengatakan pembersihan sampah yang menumpuk di aliran sungai tersebut sangat perlu dilakukan karena keberadaan sampah-sampah itu menjadi penyebab banjir di musim penghujan. “Sampah ini menjadi penyebab banjir, untuk itu harus dibersihkan,” ucap Dandim.

Agoes menyatakan banyaknya sampah di Sungai Cikapundung akibat masih minimnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah. Terbukti sampah yang ada di sungai ini banyak merupakan sampah rumah tangga. “Jenis sampahnya macam-macam ada kasur, atau sampah rumah tangga lainnya,” sebut dia.

Selain menggunakan peralatan kebersihan seadanya, anggota TNI Kodim 0618/BS juga mendapat bantuan berupa alat berat dari beberapa Dinas Kebersihan (Dispertasih) untuk membersihkan sampah di Sungai Cikapundung. Seperti dua ekskavator, louder, dan beberapa dump truk dari Dinas PU Kab Bandung untuk mempercepat proses pengangkatan sampah.

“Kami juga berupaya terus memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai,” ujarnya. (fik)

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close