KPU Kab Bandung Lantik Serentak PPS Pemilu 2019

Sabtu, 10 Maret 2018 | 08:24:00 | Penulis : bb7 | 250 Kali dilihat

Ketua PPK Soreang Cucu Setiawan saat mengambil sumpah jabatan dan melantik PPS se-Kec Soreang Jumat (9/3/18). by aph/bbcom

SOREANG – Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Bandung dilantik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung secara serentak. KPU menyerahkan sepenuhnya kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam hal teknis pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan PPS tersebut.

“Jadi, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini wewenang dari KPU yang dilimpahkan kepada PPK. Makanya kami melantikkan PPS untuk Pemilu ini sesegera mungkin, agar PPS bisa mempersiapkan tugas selanjutnya menjelang pelaksana pemutakhiran data pemilih untuk Pemilu yang akan dimulai April mendatang,” terang Ketua PPK Soreang Cucu Setiawan kepada Balebandung.com, usai pelantikkan di Pendopo Kecamatan Soreang, Jumat (9/3/18).

Cucu menjelaskan sebanyak 30 PPS se-Kecamatan Soreang dilantik dan diambil sumpahnya. Mereka masing-masing 3 orang untuk setiap desa yang tersebar di Kecamatan Soreang. Selain diambil sumpah, PPS juga menandatangani Pakta Integritas PPS yang pembacaannya diwakili oleh PPS Desa Karamatmulya, Wawan Setiawan.

Camat Soreang Rusli Baijuri AP mengatakan tugas PPS makin berat di Pemilu 2019. Apalagi mereka juga jadi petugas untuk Pemilihan Legislatif 2019. “Tugas yang diemban PPS di tahun depan cukup berat. Untuk itu diminta agar serius dalam menjalankan tugasnya sebagaimana amanat dari KPU. Bahkan dalam pelaksanaannya nanti banyak-banyaklah berkordinasi dan berkonsultasi dengan PPK selaku atasan mereka di kecamatan,” kata Rusli.

Ketua Panwascam Soreang Nanan Kusnandi menegaskan, PPS lebih selektif lagi dalam menjalakan tugasnya. Beruntung dalam pemutakhiran data pemilih untuk Pilgub dinyatakan tidak ada hambatan. “Kami berharap dalam Pemilu nanti, tugas PPS makin profesional dan menunjukkan perbaikan agar Pemilu 2019 berkualitas,” pungkasnya. [aph].

Berita Terkait