Bale Kab BandungGaya HidupKesehatan

Lanud-BPJSKes Gelar Baksos Cegah Kanker Serviks

Disaksikan Kepala RSAU Lanud Sulaiman Mayor Kes dr. Suprapto, M.Ked, Sp.A (duduk baju PDL, tengah,) PNS III D Dr. Anita Novianty saat paparan kanker serviks kepada para peserta di Poliklinik RSAU Lanud Sulaiman. by Pentak Lanud Sulaiman
Disaksikan Kepala RSAU Lanud Sulaiman Mayor Kes dr. Suprapto, M.Ked, Sp.A (duduk baju PDL, tengah,) PNS III D Dr. Anita Novianty saat paparan kanker serviks kepada para peserta di Poliklinik RSAU Lanud Sulaiman. by Pentak Lanud Sulaiman

MARGAHAYU – Bulan Skrining IV A/Papsmear 2016 merupakan salah satu program kerja yang dilakukan RSAU Lanud Sulaiman bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kabupaten Bandung dan Laboratorium Prodia yang juga sebagai salah satu rangkaian kegiatan bakti sosial di bidang kesehatan dalam rangka memperingati ke-69 Hari Bakti TNI AU.

PNS III D RSAU Lanud Sulaiman dr. Anita Novianty menerangkan kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Leher rahim sendiri berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina.

“Pada usia berapa pun, semua wanita bisa menderita kanker serviks. Tapi penyakit ini cenderung memengaruhi wanita yang aktif secara seksual antara usia 30-45 tahun. Kanker serviks sangat jarang terjadi pada wanita berusia di bawah 25 tahun,” jelas Anita di hadapan 128 peserta ibu-ibu yang ingin memeriksakan dan melakukan papsmear di Poliklinik RSAU Lanud Sulaiman, Kec Margahayu, Kab Bandung, Selasa (26/7/16).

Anita juga menerangkan kepada para peserta papsmear IV A, bahwa pada tahap awal, kanker serviks biasanya tidak memiliki gejala. Gejala kanker serviks yang paling umum adalah pendarahan pada vagina yang terjadi setelah berhubungan seks, di luar masa menstruasi atau setelah menopause.

“Meski terjadi pendarahan, belum berarti menderita kanker serviks. Untuk memastikan penyebab kondisi tersebut, disarankan segera menanyakan kepada dokter. Jika dicurigai terdapat kanker serviks, rujukan menemui dokter spesialis akan diberikan”, tambahnya.

Bulan Skrining Papsmear yang dilaksanakan RSAU Lanud Sulaiman merupakan salah satu kegiatan untuk mendukung program pemerintah yang digaungkan Wapres Jusuf Kalla dengan motto “Ayo Cegah Kanker Serviks, Kita Bisa Aku Bisa!” dengan ajakan “Terbiasa Berperilaku Sehat, Bergerak dan Berolahraga, Makan Sehat dan Teratur, Cukup Sehat dan Jangan Stress, Serta Maknai Hidup.”

 

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close