Mang Oded mah Suka Curi-curi Waktu

Sunday, 18 June 2017 | 19:00:14 | Penulis : bb3 | 162 Kali dilihat

Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial usai jadi narasumber seminar yang digelar Pusat Zakat Umat di Ruang Serbaguna Balai Kota Bandung, Minggu (18/6). by Humas Pemkot Bdg
Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial usai jadi narasumber seminar yang digelar Pusat Zakat Umat di Ruang Serbaguna Balai Kota Bandung, Minggu (18/6). by Humas Pemkot Bdg

BALEKOTA – Di tengah kesibukannya menjadi Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengaku selalu curi-curi waktu untuk mendengarkan hafalan Al-Quran putra-putrinya. Baginya, menjadi seorang Wakil Wali Kota tidak boleh menghilangkan perannya sebagai ayah.

Hal itu disampaikan Oded saat jadi narasumber seminar yang digelar Pusat Zakat Umat di Ruang Serbaguna Balai Kota Bandung, Minggu (18/6/17). Seminar yang dilaksanakan dalam rangka Muzakki Reunion itu bertema Keluarga Hebat, Keluarga Berzakat.

Oded memaparkan bahwa orang tua memiliki peran yang sangat vital dalam pembentukan pribadi anak. Maka dari itu, orang tua harus selalu hadir mendampingi anak, meskipun sibuk bekerja. “Kita harus bisa membagi waktu agar hak anak bertemu dengan ayahnya jangan sampai kurang,” kata dia.

Keluarga adalah lingkungan pertama bagi tumbuh kembang anak. Sebagai peniru ulung, anak akan menduplikasi perilaku apapun yang ditunjukkan oleh orang tuanya. Maka dari itu, penting bagi orang tua untuk menjadi contoh yang baik bagi anak-anak.

“Keluarga harus menjadi teladan. Kalau ingin anaknya rajin mengaji, ya orang tua harus mencontohkan itu,” ujar Oded.

Teladan itu harus ditunjukkan sedari dini, bahkan sejak dalam kandungan. Oded mengaku sering membacakan Al-Quran saat istrinya sedang mengandung. Kini, ketujuh putrinya menjadi penghafal Al-Quran.

“Alhamdulillah, anak Mang Oded ada yang sudah hafal 30 juz. Yang paling kecil kelas 3 SD baru hafal 6 juz,” ungkap Oded.

Pencapaian tersebut bukan tanpa kerja keras. Oded membuka rahasia kesuksesan pendidikan putri-putrinya. “Berikan lingkungan yang baik bagi anak. Berikan selalu dengan lingkungan yang dekat kepada Allah,” pungkasnya.

Berita Terkait