Bale Kab Bandung

Mayday, Sektor Pembibitan Gandeng PTPN VIII Tanam 1.000 Pohon

PANGALENGAN, Balebandung.com – Memperingati Hari Buruh Sedunia 1 Mei, Satgas Citarum Sektor Pembibitan menggandeng PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII melakukan gerakan menanam 1.000 pohon Sulibri di lahan kritis Perkebunan Kertamanah, Desa Margamukti Kec. Pangalengan Kab. Bandung, Rabu (1/5/19).

Penanaman pohon yang diikuti oleh 250 orang buruh berasal dari berbagai Afdeling dari PTPN VIII, mulai dari Afdeling Kertamanah, Wayang Windu, Tirta Sari, Cinyiruan, Puncak Gede, Cikembang, Pengolahan, sampai dengan bagian administrasi dan satuan pengamanan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Muspika Pangalengan, Star Energy, dan beberapa kelompok penggiat lingkungan seperti Paguyuban Petani, Rak Gantang, HP2BUN, Tapak Tiara serta masyarakat setempat.

Kegiatan diawali dengan apel bersama di depan Kantor PTPN VIII yang dipimpin Dansektor Pembibitan Letkol Inf Choirul Anam . Dalam sambutannya Dansektor mengucapkan terima kasih kepada pihak PTPN VIII, buruh juga penggiat lingkungan, di mana saat pembibitan masih menyempatkan untuk melakukan penanaman bersama.

“Kita akan hijaukan seluruh lahan kritis di hulu Citarum ini, sambil memperingati Hari Buruh, kita isi dengan melakukan sedekah alam, berupa penanaman 1.000 pohon Sulibri,” kata Dansektor Pembibitan yang didampingi oleh Danki Pembibitan Cikembang Lettu Chb Sutriyanto.

Dansektor mengatakan hulu Citarum merupakan wilayah kritis yang segera harus ditangani untuk menghindari erosi yang bisa menyebabkan sedimentasi Sungai Citarum. Menurut Letkol Choirul Anam menyatakan hingga kini Satgas Citarum sektor pembibitan setiap hari melakukan penanaman.

“Selain dengan PTPN VIII, Satgas Pembibitan Bongkor juga melakukan penanaman di petak 19, jadi semua bergerak melakukan penanaman,” imbuh Dansektor Pembibitan.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close