Menhub ; Angka Lakalantas Jabar Ketiga Tertinggi

Minggu, 21 Oktober 2018 | 10:29:23 | Penulis : bb2 | 138 Kali dilihat

Menhub Ir. Budi Karya Sumadi, membuka Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) di Bale Rame Soreang Kab Bandung, Minggu (21/10/18).

BALERAME – Menteri Perhubungan (Menhub) Ir. Budi Karya Sumadi, membuka Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) di Bale Rame Soreang Kabupaten Bandung, Minggu (21/10/18).

Kegiatan PNKJ diawali dengan dengan pelepasan Sepeda Nusantara , yang diikuti sekitar 3.000 peserta dari berbagai kalangan, seperti para pelajar dan mahasiswa, PNS Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, Koni, Dispora, Korem dan Polda Jawa Barat serta komunitas olahraga dan masyarakat umum

Menhub menjelaskan, PNKJ tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pengguna jalan agar tertib dan taat aturan lalulintas. Menurutnya, tren kecelakaan dan pelanggaran lalulintas kali ini kebanyakan terjadi kepada pengendara anak-anak dan remaja.

“Untuk menekan angka kecelakaan dan mengedukasi masyarakat, PNKJ ini menjadi agenda rutin Kemenhub ke seluruh daerah di Indonesia. Kecelakaan di jalan raya ini biasa terjadi akibat dari pelanggaran lalulintas. Pelanggaran itu biasanya tidak memakai helm, tidak mematuhi rambu, naik motor berboncengan tiga atau empat, kebut-kebutan dan menyeberang sembarangan,” ungkap Menhub.

PNKJ juga merupakan bagian dari Dekade Aksi Keselamatan Jalan 2011-2020 untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, melalui wahana Kemenhub untuk mengedukasi masyarakat secara kreatif.

“Angka kecelakaan lalulintas di Jabar menduduki peringkat ketiga tertinggi setelah provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Angka kecelakaan lalulintas di Jabar, tahun 2017-2018 mengalami kenaikan. Diantaranya yang mengalami kenaikan signifikan adalah angka korban meninggal akibat kecelakaan lalulintas sebesar 80% dan 40% berasal dari kalangan pelajar,” papar Budi.

Pihaknya berharap, dari PNKJ di Kabupaten Bandung, akan lahir kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan di jalan, seperti mematuhi rambu lalulintas, menggunakan atribut keselamatan, menggunakan helm, sabuk pengaman bagi pengendara mobil, juga memberikan pemahaman taat aturan berlalulintas seperti kelengkapan SIM dan STNK.

“Sayangi nyawa, kurangi kecepatan!” pesan Menhub. Menurutnya salah satu penyebab sering terjadinya kecelakaan adalah ingin cepat sampai ke tujuan. Lewat pesan ini, Kemenhub ingin mengajak masyarakat menjadikan keselamatan menjadi yang terdepan dalam setiap perjalanan.

Selain sepeda nusantara, pada acara PNKJ dilakukan juga Safety Riding Corner , Games Corner , Lomba Mewarnai : Anak Sekolah SD sampai SMA se-Kab Bandung , Komunitas Motor se-Kab Bandung, serta dialog nasional bertajuk keselamatan bertransportasi.

Turut hadir pada kesempatan itu Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Sekda Kab Bandung Sofian Nataprawira, Asisten Ekonomi dan Kesejahteraan H.Marlan, serta seluruh jajaran Dishub Kab Bandung.***

Berita Terkait