Bale Kab BandungHumanioraPendidikan

“Motor Tahu Pustaka,” Jualan Tahu Sebarkan Buku

Motor Tahu Pustaka dan Warung Pustaka. by ekky/bbcom
Motor Tahu Pustaka dan Warung Pustaka. by ekky/bbcom

PANGALENGAN – Penjual tahu keliling ini punya cara unik dalam menjual tahunya. Selain menjajakan tahu jualannya, Rudiat (38) juga membawa buku untuk dipinjamkan ke masyarakat secara gratis.

Mang Yayat, sapaan akrab Rudiat, saban hari berkeliling kampung menawarkan tahu jualannya, sambil menawarkan pinjaman buku bacaan. Bukan cuma di Kecamatan Cimaung ia berkeliling, tapi lebih ke atas lagi, ke Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Mang Yayat menjelaskan tujuan dari Motor Tahu Pustaka sebagai upaya menumbuhkembangkan minat baca masyarakat. “Saya berharap dengan perpustakaan keliling ini bisa mendongkrak minat baca di masyarakat, bukan hanya untuk anak-anak, tapi orangtua juga saya ajak untuk gemar membaca” ucap Yayat saat ditemui Balebandung.com di Kampung Cihideung Desa Mekarbakti Kecamatan Pangalengan, Senin (15/8/16).

Sebab menurut pria warga Kampung Pasirhuni RT 05/RW 06 Desa Pasirhuni Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung ini, membeli buku masih dianggap sesuatu yang langka dan mahal bagi warga kampung.

“Jadi, Motor Tahu Pustaka Keliling sebagai upaya mendekatkan buku ke masyarakat sehingga masyarakat tidak susah untuk mendapatkan buku. Apalagi yang namanya buku lumayan mahal. Semoga dengan adanya perpustakaan keliling gratis ini bisa menumbuhkembangkan kesadaran pentingnya membaca,” terang Yayat.

Selain menjajakan tahu dan buku secara mobile dengan motor bebeknya, Mang Yayat juga bekerjasama dengan sejumlah warung yang bersedia untuk bermitra dengannya menjadi “Warung Baca.”. by Ekky VK

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close