Najib Minta Banjir Bandung Selatan Ditangani Komprehensif Terintegrasi

Wednesday, 14 June 2017 | 22:03:46 | Penulis : bb1 | 146 Kali dilihat

Banjir bandang Banjaran Kab Bandung, Rabu (14/6). by ist
Banjir bandang Banjaran Kab Bandung, Rabu (14/6). by ist

BANJARAN – Bencana banjir Bandung selatan terus berulang setiap tahun. Penanganan yang tidak komprehensif terhadap permasalahan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum sebagai sumber banjir, disinyalir merupakan salah satu penyebabnya.

Anggota Komisi XI DPR RI Ahmad Najib Qodratullah membawa isu penanggulangan banjir Bandung selatan ini dalam rapat kerja dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Menurut Najib rapat kerja itu membahas Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Lembaga (RKAKL) tahun 2018.

“Saya mempertanyakan program mitigasi bencana khusus terkait banjir Bandung selatan. Apakah menjadi prioritas pada anggaran tahun 2018? Karena setiap tahun masyarakat menderita dan sudah berlangsung selama puluhan tahun,” kata Najib.

Najib adalah anggota DPR RI Daerah Pemilihan Jawa Barat II asal Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. Ia mengaku sangat merasakan penderitaan korban banjir di Bandung selatan hingga mendesak pemerintah lebih serius memperhatikan masalah ini.

Legislator dari Fraksi PAN DPR RI ini meminta pemerintah juga untuk secara khusus mengkaji secara komprehensif masalah banjir dari hulu ke hilir. Penanganan secara parsial membuat masalah itu terus berulang dan masyarakat luas terus dirugikan.

Najib juga meminta agar program yang disusun pemerintah pusat melalui Bappenas diintegrasikan dengan program pemerintah daerah, tidak sendiri-sendiri.

“Penanganan yang lebih komprehensif seharusnya mengintegrasikan program skala kecil seperti di wilayah Bandung Raya, hingga penanganan yang menyeluruh seperti di wilayah hilir di Karawang,” kata Najib.

Berita Terkait