Bale Kota BandungHumaniora

Nih, 4 Pesan Perdamaian Ridwan Kamil di Hari Natal

Wali Kota Bandung M.Ridwan Kamil saat Open House Natal di Aula Gereja Katedral Santo Petrus, Bandung, Senin (25/12/17). by Humas Pemkot Bdg
Wali Kota Bandung M.Ridwan Kamil saat Open House Natal di Aula Gereja Katedral Santo Petrus, Bandung, Senin (25/12/17). by Humas Pemkot Bdg

BANDUNG – Wali Kota Bandung M.Ridwan Kamil mengatakan, damai itu sebuah kata yang mudah dilupakan oleh sebagian orang dan sulit dipraktekan bagi sebagian orang. Sehingga perlu rasa toleransi yang tinggi untuk menciptakan rasa damai dan aman untuk seluruh masyarakat khususnya masyarakat Kota Bandung.

“Damai itu mudah dilupakan, apalagi bagi sebagian orang-orang yang terlalu mendahulukan kebencian, dan sulit untuk dipraktekan bagi sebagian orang-orang yang hidupnya dipenuhi oleh rasa dengki. Kunci dari perdamaian perlunya toleransi tinggi dan lapang dada dari semua manusia untuk terciptanya perdamaian di muka bumi khususnya di Kota Bandung,” kata walikota dalam sambutannya di acara Open House Natal, di Aula Gereja Katedral Santo Petrus, Bandung, Senin (25/12/17).

Ridwan berpesan empat hal di malam itu. Pertama, harus bekerja keras mempertahankan perdamaian, kedua harus memperbanyak dialog, yang ketiga jangan mencari perbedaan dalam persamaan dan yang terakhir ialah jika tidak bersaudara dalam keimanan, bersaudaralah dalam kemanusiaan.

“Pancasila merupakan warisan orang tua. Didalamnya terdapat poin-poin yang menjadi dasar kita bernegara. Saya titip empat pesan untuk malam ini, yaitu perdamaian harus terus diperjuangkan. Kita harus bekerja keras menjaganya. Kedua, perbanyak dialog, itu kunci menyelesaikan kalau ada masalah. Ketiga, jangan suka mencari perbedaan dalam persamaan harus sebaliknya! Dan yang terkahir, jika tidak bisa bersaudara dalam agama, bersaudaralah dalam kemanusiaan,” pesannya.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) telah memberikan penghargaan kepada Kota Bandung sebagai kota yang menjunjung tinggi hak asasi masyarakatnya dan sebagai kota yang paling proaktif membela HAM. Maka dari itu, Pemerintah Kota Bandung selalu melakukan kebijakan seadil-adilnya sesuai peraturan yang ada.

“Kota Bandung sudah terbukti sangat menjungjung tinggi HAM. Kita sudah mendapatkan penghargaan sebagai yang proaktif membela dan mengedepankan HAM dari Komnas HAM. Segala kebijakan kita hadirkan dengan azas seadil-adilnya bagi seluruh masyarakat dengan pegangan peraturan yang ada di Indonesia,” ungkapnya.

Ridwan berharap kedamaian akan selalu menjadi bagian dari Kota Bandung. Dan Kota Bandung akan selalu menjadi mercusuar kedamaian dan kebahagiaan masyarakatnya. Sehingga semua manusia bisa nyaman hidup dan berkegiatan di Kota Bandung.

“Semoga damai selalu hadir dalam keseharian kita. Semoga Kota Bandung menjadi kota yang selalu nyaman bagi semua umat manusia. Malam ini harus menjadi wadah silaturahmi bagi kita yang berbeda-beda. Semangat mencari persamaan dalam perbedaan harus terus digaungkan,” tutupnya.

Diakhir acara Open House dilakukan pemukulan kentongan sebagai tanda kekuatan persatuan beragama yang dilakukan oleh Wali Kota Bandung M.Ridwan Kamil bersama tokoh-tokoh umat beragama yang ada di Kota Bandung.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close