Bale JabarPeristiwa

Nih, Kritikan Pedas Netizen Buat Gubernur

bb-gubernur aher-sampahSURAT TERBUKA UNTUK GUBERNUR JAWA BARAT
Yang terhormat,
Bapak Ahmad Heryawan (Aher)
Assalamu’alikum. Wr. Wb.

Bagaimana kabarnya, Pak? Semoga selalu sehat dan senantiasa dalam lindungan-Nya. Aamiin. Langsung aja ya Pak, beberapa minggu lalu di Kab.Bandung terjadi banjir besar hingga ketinggian 3 meter lebih. Ribuan rumah tenggelam dan ribuan warga yang mengungsi. Korban yang meninggal tercatat ada 2 orang dan 3 orang dinyatakan hilang.
Apakah anda masih ingat peristiwa itu?

Saat itu tgl 14 Maret 2016, saya sempat menyampaikan kritikan dan saran untuk Anda melalui FB, supaya Anda mau belajar kepada Pak Ahok cara menangani masalah banjir dengan serius. Tapi mungkin Anda tidak membacanya. Belum selesai masalah banjir, sampah menumpuk juga terlihat di Sungai Cikapundung Kab. Bandung. Bau busuk menyengat dan kotor sangat mengganggu warga setempat.

Sangat disayangkan, sudah hampir 1 bulan ini tumpukan sampah tak kunjung dibersihkan. Saat anda ke lokasi melihat tumpukan sampah, justru Anda cuma mengeluarkan fatwa haram, tanpa berbuat sesuatu yang kongkrit untuk membereskan sampah tersebut. Lihatlah sampai hari Kamis (31/3/16) ini, sampah masih menumpuk.

Apakah dengan mengeluarkan fatwa sampah bisa hilang? Perlu Anda tahu, ajaran Tuhan itu sudah sangat lengkap dan jelas, Pak. Masyarakat itu butuh kerja nyata, bukan cuma fatwa haram yang kapan pun bisa keluar dari mulut Anda. Saya jadi heran, sebenarnya anda ini Tuhan apa kepala pemerintahan?

Cobalah lihat Ridwan Kamil, Ahok dan Pak Jokowi. Ketika menemui masalah di lapangan, mereka langsung telepon bawahanya dan berusaha untuk membereskan masalah secepatnya. Bukankah cara seperti itu yang seharusnya dilakukan oleh seorang pemimpin?

Saya juga masih ingat pada tanggal 21 Februari lalu, Walikota Surabaya Bu Risma rela kehujanan malam-malam demi mengatasi genangan air di Jln Raya Tenggilis Surabaya akibat hujan deras. Saat itu mesin pompa air dan 2 alat berat backhoe langsung diturunkan untuk mengeruk kali yang tersumbat oleh sampah dan lumpur. Terbukti hanya skitar 2 jam genangan air pun langsung surut.

Perlu Anda tahu Pak, mereka semua itu tidak ada yg mengeluarkan fatwa haram. Tapi masalah cepat selesai. Lantas mengapa sudah hampir sebulan Anda tidak dapat menangani tumpukan sampah di Sungai Cikapundung Kab. Bandung? Bukankah permasalahanya hampir sama? Butuh berapa fatwa dan ayat untuk menyelesaikanya Pak?

Asudahlah… Mungkin Anda sudah terlalu capek, hampir 10 tahun jadi Gubernur Jawa Barat. Tolong selesaikan masalah sampah tanpa gembar-gembor bicara soal agama. Jangan memalukan agama Anda dengan menunjukan kualitas kepemimpinan yang seperti itu. Cara seorang pemimpin yang cuma bisa mengeluarkan fatwa, ketika dihadapkan dengan masalah sampah.

Catat Pak! sekalipun anda menyembah Tuhan, tapi jika Anda tidak memiliki kepedulian yang tinggi terhadap rakyat, maka Tuhan tak akan bangga terhadap Anda. Sebaliknya, jika sekalipun Anda menyembah syetan, tapi kalau Anda punya kepedulian yang tinggi terhadap sesama manusia, maka saya akan selalu hormat kepada Anda.
Semoga tidak ada yang menjuluki Anda dengan sebutan “Gubernur Sampah”
Sekian terimakasih, Waassalamu’alaikum. Wr. Wb.
Yusuf Muhammad
Netizen

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close