Bale Kab BandungGaya HidupKomunitas

Nih, Peranan Pemuda di Tahun Politik 2019

Ketua KNPI Jabar Rio F Wilantara

BALEENDAH – Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia Jawa Barat (DPD KNPI Jabar) Rio F Wilantara memandang tahun politik 2019 merupakan battle ground atau ajang pertempuran bagi pemuda dengan para senior, terlebih elit politik yang tidak lagi dicintai publik.

“Saat ini baik di tingkat nasional sampai ke daerah sudah ada kecenderungan regenerasi dari para senior ke pemuda masa kini. Karena itu di tahun politik ini saatnya para pemuda mengambil peran untuk menjadi generasi yang baru,” kata Rio kepada Balebandung.com usai membuka Rakerda KNPI Kabupaten Bandung, di Sekretariat DPD KNPI Kab Bandung, Kamis (31/1/19).

Rio menambahkan tahun politik ini juga merupakan siklus atau sirkulasi elit politik, di mana pemuda harus makin menonjol peranannya untuk menggantikan generasi sebelumnya.

“Tahun politik ini sebenarnya merupakan battle ground atau ajang pertempuran kaum pemuda untuk menjalankan siklusnya ketika para senior tidak lagi dicintai publik apalagi elit politiknya. Maka di tahun politik ini saatnya pemuda lah yang harus tampil di depan,” tandasnya.

Jangan sampai, kata Rio, di tahun politik para pemuda hanya dijadikan komoditas malah dibentur-benturkan secara politik. Pemuda sebagai bagian penting dalam kehidupan berbangsa bernegara, imbuh Rio, harus jadi agen perubahan dan agen perdamaian di tahun politik ini. Terlebih KPU Jawa Barat mencatat hak suara pemuda di Jawa Barat mencapai 46% dari total hak suara warga Jabar.

Belum lagi di Indonesia termasuk Jawa Barat sendiri akan mengalami bonus demografi pada tahun 2023 di mana jumlah penduduk usia produktif mencapai 2/3 dari total populasi.

“Jadi di tahun politik ini kami ingin pemuda lebih berdaya dalam artian positif. Konkritnya kami akan berk0laborasi dengan pemerintah dan penyelenggara pemilu seperti KPU dan Bawaslu, agar pemuda ini bisa lebih diberdayakan dan turut berkontribusi dalam pesta demokrasi lima tahunan ini.” tandas Rio.

Di KNPI Jawa Barat sendiri, pihaknya mencatat ada 30%-an yang maju menjadi caleg. “Kami beri pembekalan secara prinsip terhadap para caleg dari kalangan pemuda ini, bagaimana nantinya pemuda bisa ikut serta dalam pembangunan,” kata dia.***

Rakerda KNPI Kab Bandung Rekomendasikan 11 Bidang Program Kerja 2019

Tags
Show More

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker