Nih, Pesan Sekda Kab Bandung yang Baru di Apel Perdana

Senin, 14 Januari 2019 | 11:30:45 | Penulis : bb2 | 58 Kali dilihat

Sekda Kab Bandung Drs.Teddy Kusdiana, M.Si saat memimpin apel pagi para ASN di lingkungan Setda, di Komplek Perkantoran Pemkab Bandung-Soreang, Senin (14/1/18). by Humas Pemkab

SOREANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Drs.Teddy Kusdiana, M.Si mengingatkan kinerja Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemkab Bandung harus terus meningkat.

Selaku pimpinan yang secara langsung melaksanakan fungsi dan tugas Sekretariat Daerah (Setda), Teddy mengimbau agar Setda bisa jadi contoh dan teladan bagi PD lainnya dalam meningkatkan kualitas kerja. Teddy mengatakan, Setda memiliki tugas dan fungsi sebagai perumus kebijakan dan pengkoordinasian dinas dan lembaga teknis daerah.

“Namun selain melaksanakan tugas dan fungsinya, saya berharap Setda bisa menjadi contoh. Karena dalam fungsinya, setda juga melakukan pembinaan pada perangkat daerah lainnya,” kata Teddy saat memimpin apel pagi para ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan Setda, di Komplek Perkantoran Pemkab Bandung-Soreang, Senin (14/1/18).

Teddy menjelaskan, kedudukan Setda berada di bawah dan bertanggungjawab langsung pada kepala daerah/bupati. Setda membantu bupati dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan, administrasi, organisasi, tata laksana serta pelayanan administrasi pada seluruh PD.

“Tugas dan fungsi inilah yang harus senantiasa dilakukan secara maksimal, agar tercipta keberhasilan kerja yang semakin solid dan membaik”, tegasnya.

Untuk menciptakan hal itu, imbuh Teddy, tentunya para ASN di lingkup Pemkab Bandung harus memiliki pemahaman yang sama untuk memiliki integritas tinggi terhadap pekerjaannya.

“Jika pemahaman itu sudah melekat, didukung dengan kerjasama dan koordinasi yang baik, serta bisa menghindarkan ego sektoral di semua perangkat daerah, saya optimis pelayanan kepada masyarakat akan lebih prima,” tandasnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, usai dirinya dilantik menjadi Sekda, Jumat kemarin (11/1) langkah awal program kerjanya adalah melakukan konsolidasi internal Setda terlebih dahulu. Ia akan membenahi dan mengevaluasi kinerja aparaturnya jika dianggap kurang maksimal, dan mempertahankan program yang sudah dianggap baik serta terasa manfaatnya oleh masyarakat.

“Saya punya kewajiban untuk membina ASN. Tak hanya dalam kinerjanya, namun sikap dan ahlak yang baik pun harus menjadi dasar yang kuat untuk mendukung setiap langkah mereka dalam melaksanakan tugasnya, Tidak saja Setda, perangkat daerah lainnya pun harus bisa jadi teladan untuk masyarakat,” jelasnya.

Untuk diketahui, Sekda Kabupaten Bandung membawahi tiga asisten antara lain, Asisten Pemerintahan, Perekonomian dan Kesejahteraan dan Asisten Administrasi, masing-masing asisten ini dibantu oleh para Kepala Bagian (Kabag).

Asisten Pemerintahan membawahi Bagian Tata Pemerintahan, Hukum dan HAM, Kerjasama dan Otonomi Daerah dan Bagian Pemberdayaan. Sementara Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan membawahi Bagian Kesejahteraan Rakyat, Perekonomian, Pengadaan Barang dan Jasa serta Bagian Pembangunan. Sedangkan di Asisten Administrasi, membawahi Bagian Tata Usaha dan Rumah Tangga, Humas dan Protokol, Program dan Keuangan serta Bagian Organisasi.

“Setda adalah unsur staf, seluruh perangkat daerah dapat mengkoordinasikan semua program dan kegiatannya diselaraskan dengan tugas, fungsi, kedudukan dan kewenangan bagian di Setda. Mari kita sabilulungan membangun sinergitas yang baik, dalam upaya mendukung visi misi Pak Bupati, untuk mensejahterakan masyarakat Kabupaten Bandung,” pungkasnya.***

Berita Terkait