Oded Berduka Meninggalnya Suporter Persija

Senin, 24 September 2018 | 10:45:48 | Penulis : bb4 | 251 Kali dilihat

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengendarai Vespa antiknya untuk nonton bareng Liga 1 2018 antara Persib-Persija di Stadion GBLA, Minggu (24/9/18). by Humas Pemkot

BANDUNG – Wali Kota Bandung Oded M Danial menyatakan berduka atas meninggalnya seorang pendukung Persija Jakarta di kawasan Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (23/9/18). Oded menilai persitiwa tersebut telah menodai kemenangan Persib Bandung.

“Atas nama pemerintah dan pribadi saya mengutuk dan berduka atas peristiwa yang terjadi Minggu (23/9) lalu. Kami memohon maaf kepada kelompok suporter Persija Jakarta atas kejadian nahas tersebut. Semoga ini adalah kejadian terakhir dan tidak ada lagi Haringga Sirila lain di kemudian hari,” tegas Oded.

Oded menilai, peristiwa yang dilakukan oleh sejumlah oknum tersebut telah menodai kemenangan Persib yang didapat secara susah payah. Untuk itu juga, Oded meminta agar persitiwa ini diproses secara hukum.

“Saya meminta agar penegak hukum menangkap dan menghukum seberat-beratnya pelaku yang melakukan dan terlibat. Tidak ada alasan yang dibenarkan atas kejadian pengeroyokan ini. Apalagi dilakukan dengan sengaja di hadapan banyak orang dan anak-anak. Even olah raga seharusnya membangkitkan rasa suportif bukan permusuhan,” tutur Oded, Senin (24/9/18).

Oded menegaskan, nyawa jauh lebih penting daripada sekadar pertandingan sepakbola. Karena tidak ada pertandingan seharga nyawa.

“Semoga kejadian ini menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk tidak melakukan fanatisme berlebihan terhadap tim sepak bola maupun apapun juga,” kata dia.

Terakhir, Oded juga meminta agar para pengguna media sosial tidak menyebarkan video atau foto peristiwa yang mengakibatkan Haringga Sirila meninggal dunia.

“Saya minta agar tidak menyebarkan dan mengunggah video kejadian kemarin karena mengandung unsur kekekerasan dan kebiadaban,” pinta Oded.

Nonton Persib Naik Vespa

Sebelumnya Oded M. Danial pun mengendarai Vespa antiknya untuk nonton bareng Liga 1 2018 antara Persib-Persija di Stadion GBLA. Oded naik motor agar bisa lebih berbaur dengan pendukung Maung Bandung alias bobotoh.

Mang Oded dengan cekatan menarik gas, mengoper gigi, maupun menekan rem vespa warna merah yang dikendarainya. Disampingnya ada sang ajudan yang juga mengendarai vespa biru beserta iring-iringan vespa dari sejumlah komunitas di Kota Bandung.

Sebelum berangkat, Mang Oded menyempatkan diri menyapa warga terutama Bonjopi alias Bobotoh nu lalajo dina tipi melalui media sosial. Dia pun berharap agar kemenangan menyertai Persib Bandung.

“Kepada Bonjopi yang tidak kebagian, jangan memaksakan diri pergi ke stadion. Mang Oded kebetulan dapat tiket dan akan berangkat ke GBLA bersama kawan-kawan Vespa. Saksikan dan doakan Persib Bandung menang 2-1 atas Persija,” tuturnya seraya menarik gas pergi meninggalkan Pendopo.

Di tengah perjalanan, Mang Oded bertemu dengan wakilnya yakni Kang Yana yang juga tidak menggunakan mobil dinas. Berbeda dengan Mang Oded, Kang Yana mengendarai motor matic untuk pergi ke GBLA. ***

Berita Terkait