Bale KBB

Pabrik Majun di Cihampelas Ludes Terbakar

KBB, Balebandung.com – Pabrik majun PT Citra di Jl. Cipatik, Kec Cihampelas Kab Bandung Barat ludes terbakar sekitar pukul 13.15 WIB, Senin (15/7/19). Menurut saksi mata pegawai pabrik tersebut, Adi (23), kebakaran tersebut terjadi secara tiba-tiba dan api makin membesar.

“Tiba-tiba ada api sudah membesar di pabrik majun itu ditambah angin bertiup kencang,” kata Adi. Diduga titik mula api berasal dari gesekan di dalam mesin yang menimbulkan percikan dan membakar kapas yang sedang diolah untuk bahan bantal dan kasur.

Adi mengatakan, sebelumnya sempat terjadi kebakaran kecil pada pagi hari. Namun api berhasil dipadamkan menggunakan alat pemadam yang ada lokasi.

“Tadi pagi sempat ada api. Tapi berhasil dimatikan pakai APAR. Nah yang sekarang APAR-nya abis jadi enggak ketolong,” sebutnya.

Dari pantauan di lokasi, api membakar tumpukan kapas majun yang digunakan untuk bahan bantal dan kasur. Tumpukan kapas majun tersebut berada di area pabrik bagian belakang.

Petugas pemadam kebakaran mengaku mengalami kendala dalam proses pemadaman api akibat sumber air yang cukup jauh.

“Kami cukup terkendala karena proses pengisian air yang jauh. Sumber air ada di Stadion si Jalak Harupat,” ujar salah satu petugas pemadam, Agung di lokasi.

Akibat jauhnya pengisian air, api cepat kembali membesar karena dibiarkan menyala. Agung mengatakan, besarnya angin serta mudah terbakarnya material yang berada di lokasi kebakaran juga menjadi kendala pemadaman.

“Kapas majun gampang terbakar. Anginnya juga besar jadi memudahkan api merambat ke bahan yang mudah terbakar,” paparnya.***

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close