Bale JabarHankam

Pangdam III/Siliwangi Lantik 360 Lulusan Dikmata TNI AD

360 orang Tamtama Remaja lulusan Dikmata TNI AD Gelombang II TA. 2018 demo bongkar pasang senjata saat pelantikan, di Lapangan Makorindam III/Siliwangi Jalan Manado No. 4 Kota Bandung, Sabtu (13/4/19). by Pendam Slw

BANDUNG, Balebandung.com – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono melantik dan sekaligus menyumpah 360 orang Tamtama Remaja lulusan Dikmata TNI AD Gelombang II TA. 2018, di Lapangan Makorindam III/Siliwangi Jalan Manado No. 4 Kota Bandung, Sabtu (13/4/19).

360 Prajurit yang baru dilantik tersebut berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, ada yang berasal dari keluarga petani, TNI, PNS, Purnawirawan, buruh dan lain-lain.

Pada proses upacara tersebut, Pangdam melepas tanda pangkat siswa kemudian pemasangan tanda pangkat Prajurit Dua kepada perwakilan selanjutnya rangkaian pelaksanaan pengambilan Sumpah Prajurit oleh Irup dan Rohaniawan kepada siswa dilanjutkan dengan penandatanganan naskah berita acara sumpah.

Dalam sambutannya, Pangdam III Siliwangi Mayjen Tri Soewandono mengucapkan selamat atas keberhasilan dalam menyelesaikan pendidikan sehingga dilantik menjadi Prajurit Dua.

“Saya bangga dengan kalian, karena kalian merupakan generasi muda pilihan yang telah menguatkan hati dan pikiran memilih jalur pengabdian melalui profesi sebagai Prajurit TNI AD, ” ucap Pangdam.

Menurut Pangdam, tidak semua pemuda bisa mendapatkan kepastian untuk menjadi Prajurit TNI AD, karena harus memenuhi beberapa kriteria yang sudah ditentukan.

“Oleh karena itu, kalian harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, salah satunya diwujudkan dengan keinginan yang kuat untuk memberikan pengabdian yang terbaik kepada TNI AD, bangsa dan negara, ” tegasnya.

“Bagi para Tamtama lulusan Dik mata TNI AD Gelombang II TA. 2018, hari ini merupakan momentum bersejarah dalam kehidupan, karena mulai hari ini kalian sudah berada pada titik awal untuk memulai pengabdian sebagai Bhayangkari Negara dan Bangsa,” ujar Pangdam.

Konsekuensinya, imbuh Pangdam, setelah mengikuti pendidikan dan pelantikan serta penyumpahan sebagai prajurit, maka mulai hari ini statusnya telah berubah dari warga masyarakat umum menjadi prajurit dengan menyandang Pangkat Prajurit Dua.

“Jauhkan sikap sombong dan tampilkan keteladanan dalam bertutur, bersikap dan bertindak serta selalu memberikan rasa nyaman bagi masyarakat dimanapun kalian berada dan bertugas, ” pesan Pangdam.

Kemudian siapkan fisik dan mental guna meraih ilmu pengetahuan baik teori maupun praktek sebagai bekal berkarya menghadapi tugas di satuan nantinya.

Akhirnya, manfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya untuk bersilaturahmi dengan orang tua dan kerabat dekat lainnya sebelum mengikuti pendidikan kecabangan beberapa waktu lagi.

Selesai upacara pelantikan para tamu undangan disuguhi demonstrasi Koloni Senapan, Bela Diri Militer, HR dan bongkar pasang senjata dengan mata tertutup yang dilakukan oleh para lulusan Dikmata TNI AD Gelombang II TA 2018.***

Tags
Show More

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker