Pecah! Rekor Makan Bareng Ali Agrem di Bale Rame

Minggu, 19 Agustus 2018 | 13:01:44 | Penulis : bb1 | 428 Kali dilihat

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab Bandung, Drs. H. Agus Firman Zaini MSi menerima piagam pemecahan rekor makan ali agrem terbanyak di Dome Bale Rame Soreang, Minggu (19/8/18).

BALERAME – Ratusan warga Soreang, Kabupaten Bandung dan sekitarnya berbarengan memakan cemilan tradisional ali agrem di Dome Bale Rame Soreang, Minggu (19/8/18). Acara ini dicatat dalam Original Rekor Indonesia (ORI) sebagai pemecah rekor ali agrem terbanyak. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka Soreang Culinary Festival dan upaya melestarikan makanan tradisional khas Kabupaten Bandung.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung, Drs. H. Agus Firman Zaini MSi, didampingi Kasi Sejarah Purbakala dan Permusiuman Dadang Mustopa SPd mengatakan, makanan tradisional ali agrem yang kini sudah mulai susah dicari ini memiliki keunikan serta rasa yang khas. Karenanya kegiatan makan bersama ali agrem ini menjadi salah satu upaya promosi.

“Makanan tradisional di Kabupaten Bandung itu banyak, ratusan bahkan ribuan. Kita akhirnya mengangkat ali agrem yang sama khasnya dengan makanan bibika dari Kecamatan Cikancung sebagai ikon,” kata Agus Firman kepada wartawan.

Menurutnya, saat ini makanan khas tradisional tersebut sulit dicari di supermarket atau pasar modern lainnya. Ia menuturkan, ali agrem bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional yang menjual kue-kue basah.

Agus mengatakan, pelaku usaha ali agrem yang salah satunya berada di Desa Ciluncat, Soreang didorong untuk membuat ali agrem dengan rasa dan warna lain. Pihaknya juga terus mendorong agar makanan khas di Kabupaten Bandung bisa terpromosikan dengan baik.

Menurut Agus perlu kerjasama dengan instansi terkait seperti Dinas Koperasi dan UKM serta Dinas Perdagangan untuk membuat promosi makanan tradisional. Salah satunya dengan terus menggelar festival kuliner di Kabupaten Bandung.

“Insyallah bersama pelaku usaha ali agrem akan dibuat varian lainnya. Dengan warna dan rasa yang berbeda,” ucap Agus Firman. ***

Berita Terkait