Bale Kab BandungPamong

Pemkab Bandung Luncurkan Aplikasi Jasprod

Bupati Bandung H. Dadang M. Naser berfoto bersama usai Peluncuran Aplikasi Jasprod di Dome (Bale Rame Soreang, Rabu (27/3/19).

BALERAME – Untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses produk-produk hukum Kabupaten Bandung, Pemkab Bandung meluncurkan aplikasi JASPROD (Jaringan Sabilulungan Produk Hukum). Aplikasi berbasis android ini diluncurkan Bupati Bandung H.Dadang M.Naser, SH, S.Ip, M.Ip, bertepatan dengan Pengukuhan Forum Pelajar Sadar Hukum (FPSH), di Dome Bale Rame Soreang, Rabu (27/3/19).

Bupati Dadang Naser mengatakan selain kemudahan, Jasprod dibuat untuk meningkatkan pemahaman informasi hukum masyarakat di era Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Menurutnya, saat ini masyarakat sudah memasuki era industri 4.0. Artinya menjadi tantangan apakah pemerintah mampu memanfaatkan era serba digital tersebut dalam hal penyelenggaraan pelayanan publik.

“Saat ini perkembangan teknologi begitu pesat dan tidak bisa terbendung lagi. Digitalisasi sudah mulai memasuki celah-celah kehidupan kita sehari-hari. Kemajuan teknologi ini, banyak dimanfaatkan untuk berbagai kemudahan dalam satu genggaman. Jasprod ini, menjadi upaya kita dalam meningkatkan pelayanan sekaligus mencerdaskan,” terang bupati.

Dadang menyebutkan, peraturan perundang-undangan yang dimuat dalam Jasprod tersebut meliputi Undang-Undang Dasar 1945, Peraturan Daerah (Perda), Peraturan Bupati (Perbup), Peraturan DPRD, Keputusan Bupati, Peraturan Desa, Instruksi Bupati dan Naskah Akademik Kabupaten Bandung.

“Masyarakat bisa mengunduh aplikasi ini melalui Google Playstore yang ada di smartphone dan perangkat lainnya yang menggunakan system Android, secara gratis. Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan dengan baik,” harap Bupati.

Lebih lanjut Bupati menyebutkan, dengan pemanfaatan teknologi, transparansi, kecepatan dan kemudahan dalam pelayanan publik, akan mampu memberikan pelayanan yang terbaik.

“Jadi, zaman sekarang semua aksesibiltas kebutuhan bisa diperoleh dengan cepat, tepat, akurat dan tidak berbelit belit, sehingga kebutuhan informasi masyarakat terpenuhi,” ujarnya.

Asisten Pemerintahan Kabupaten Bandung Drs. Ruli Hadiana menjelaskan, aplikasi Jasprod dibuat untuk meningkatkan pemahaman informasi hukum pada era teknologi.

“Di era industri 4.0, Pemerintah Daerah harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik, cepat, tepat, akurat dan tidak berbelit belit, sehingga kebutuhan informasi masyarakat terpenuhi. Terutama bagi masyarakat dari kalangan generasi muda, atau yang lebih kita kenal generasi milenial,” kata Ruli Hadiana. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close