Bale Kab BandungPamong

Pemkab Sudah Punya 62 Kampung KB

peringatan Harganas di Lapangan Kangkareng Desa Cikoneng, Kec Ciparay, Selasa (9/8/17).
peringatan Harganas di Lapangan Kangkareng Desa Cikoneng, Kec Ciparay, Selasa (9/8/17).

CIPARAY – Bupati Bandung Dadang Naser menyebut saat ini tercatat sudah ada 62 Kampung Keluarga Berencana (KB) yang tersebar di 31 kecamatan. Karenanya bupati optimis keberadaan Kampung KB ini bisa memperkuat ketahanan keluarga.

“Mari kita perkuat ketahanan keluarga melalui Harganas kali ini, dengan hadirnya 62 Kampung KB di Kabupaten Bandung, pembangunan SDM juga akan lebih terdukung,” ujar Dadang saat peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) di Lapangan Kangkareng Desa Cikoneng, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Selasa (9/8/17).

Tangga 29 Juni ditetapkan sebagai Harganas melalui Keputusan Presiden Nomor 39 Tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional. “Penyelenggaraan peringatan Harganas setiap tahun bertujuan meningkatkan peran serta pemerintah daerah, mitra kerja, dan swasta tentang pentingnya penerapan delapan fungsi keluarga dan pembentukan karakter sejak dini,” terangnya.

Bupati menegaskan, Pemkab secara terus menerus memperhatikan program yang menyentuh keluarga, seperti hadirnya kelompok tertentu untuk beraksi secara teknis di lapangan.

“Tercatat 549 kelompok BKB (Bina Keluarga Balita), 326 dalam kelompok (Bina Keluarga Remaja), 393 orang di Kelompok BKL (Bina Keluarga Lansia) dan 251 pada UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera) tersebar di beberapa wilayah Kabupaten Bandung. Sedangkan untuk anak dan remaja, kita punya 131 orang dalam Kelompok PIKR (Pusat Informasi dan Konsultasi Remaja) dan 32 anak yang tergabung dalam FAD (Forum Anak Daerah),” urainya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Hendi Ariyadi Purwanto menambahkan, untuk mewujudkan pelembagaan keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera, perwujudan keluarga tangguh, bahagia dan sejahtera di Kabupaten Bandung bisa tercapai melalui 8 fungsi keluarga.

“Adapun delapan fungsi keluarga, yakni fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, dan fungsi lingkungan, bisa berdampak lebih maksimal untuk keluarga tangguh, bahagia dan sejahteta,” terang Hendi.

Hendi menuturkan, peringatan Harganas XXIV 2017 mengusung tema “Dengan Hari Keluarga Nasional, Kita Bangun Karakter Bangsa Melalui Keluarga yang Berketahanan”, yang pesan intinya adalah keluarga berketahanan, Indonesia mandiri dan sejahtera.

Dia juga menandaskan, peringatan Harganas didorong untuk dilakukan dengan empat pendekatan ketahanan keluarga, dengan harapan keluarga di Kabupaten Bandung akan makin dekat dan dapat mempererat tali silaturahmi satu sama lain.

“Keempat pendekatan itu adalah keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya, serta keluarga peduli dan saling mendukung,” sebutnya.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close