Bale Kota BandungPamong

Pemkot Bersama 8 Bank Luncurkan Bandung Smart Card

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil usai menandatangani Perjanjian Kerja Sama antara Pemkot Bandung dengan 8 bank di Plaza Bale Kota Bandung, Senin (13/8/18). by Humas Pemkot

BALEKOTA – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali meluncurkan Bandung Smart Card (BSC). Kali ini menggandeng 8 bank yang sepakat bekerja sama dengan Pemkot Bandung.

Kedelapan bank tersebut antara lain Bank bjb, BNI, BRI, BTN, BCA, Bank Mandiri, Bank Mega, dan Bank Woori Saudara. Bank-bank ini akan berintegrasi ke dalam satu kartu pembayaran non-tunai di bawah koordinasi Bank Indonesia.

“Hari ini alhamdulillah setelah sekian lama sinkronisasi hanya satu atau dua bank sekarang sudah delapan. Ada delapan perbankan yang semuanya siap dan akan memasyarakatkan kegiatan transaksi non tunai atau cashless,” ungkap Wali Kota Bandung Ridwan Kamil usai menandatangani Perjanjian Kerja Sama antara Pemkot Bandung dengan 8 bank di Plaza Bale Kota Bandung, Senin (13/8/18).

Ridwan menuturkan, BSC merupakan wujud komitmen Pemkot Bandung dalam mendukung Gerakan Transaksi Non Tunai yang digagas Bank Indonesia. Dengan satu kartu ini, warga tidak lagi menggunakan uang tunai untuk bertransaksi keuangan.

“Karena sudah semuanya ter-cover. Maka kemanapun sekarang kami imbau warga Bandung untuk melaksanakan transaksi non tunai atau cashless,” seru Emil.

Tak hanya itu, ia pun meminta agar bank memperluas jejaring “merchant” yang dapat memberi manfaat lebih kepada pengguna BSC. Dengan begitu, kartu pintar ini tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk bertransaksi pelayanan publik tetapi juga untuk kebutuhan lain.

“Kalau bisa semuanya non tunai atau cashless. Kami juga berharap kepada perbankan memperluas vendor-vendor atau pihak ketiga yang menerima Bandung Smart Card ini sehingga segala transaksi sekarang bisa menghindari tunai,” imbuhnya.

Ridwan mewajibkan seluruh ASN Pemkot Bandung untuk memanfaatkan fasilitas BSC untuk segala kebutuhan. Ia berharap, Kota Bandung bisa menjadi percontohan penggunaan transaksi non-tunai di Indonesia.

“Mudah-mudahan dalam hitungan beberapa waktu ke depan dilanjutkan lagi nanti oleh Pak Oded sebagai wali kota terpilih, maka Kota Bandung harus jadi kota percontohan. Segalanya sudah non tunai,” katanya.***

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker