Bale JabarPamong

Pemprov Jabar Gerak Cepat Tangani Longsor

Longsor di Desa Wargaluyu- Lebakwangi Kec Arjasari Kab Bandung, Senin (12/11/18). by ist

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau warga Jawa Barat untuk tetap waspada dalam menghadapi ancaman bencana yang mulai menimpa Jawa Barat. Menurut sejarahnya, kata gubernur, 60% bencana hidrologis Indonesia itu adanya di Jawa Barat.

“Jadi ada tidak ada manusia memang rutinitas di jaman baheula sampai sekarang selalu ada. Ada yang air meluap dan ada yang longsor karena hujan,” ungkap Ridwan Kamil di Gedung Sate, Senin (12/11/18).

Oleh karena itu, Ridwan meminta masyarakat untuk waspada selama perjalanan saat hujan deras. Tim BPBD Provinsi Jawa Barat juga sekarang Siaga I. “Kemarin dua tim sudah kita kirim ke Gentong Kabupaten Garut dan Naringgul Kabupaten Cianjur karena longsor. Mudah-mudahan dalam dua hari ini selesai. Juga laporan jembatan di Cipatujah kurang lebih sudah hampir selesai,” urai Emil.

“Mudah-mudahan quick response dari pemerintah kombinasi dengan kewaspadaan dari masyarakat menjadi kunci dalam menghadapi masa ini,” harapnya.

Saat ini kawasan yang mengalami bencana yaitu di daerah Kabupaten Cianjur, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Garut.

Khusus banjir Bandung Raya, Emil berencana akan mengadakan rapat dengan kepala daerahnya minggu ini. Untuk memulai sebuah proses sinkronisasi program yang berbarengan pembentukan unit kerja pemerintahan Bandung Raya sesuai Perpres mengenai cekungan Bandung.

“Jadi jangan sampai Cimahi bikin anggaran sendiri, Pemkot Bandung bikin anggaran sendiri tapi teu nyambung. Itulah yang akan kita sinkronisasikan,” ungkapnya.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close