Pendaftaran Calon Independen Pilkada KBB Mulai November

Thursday, 10 August 2017 | 07:44:20 | Penulis : bb5 | 156 Kali dilihat

Ketua KPUD KBB Iing Nurdin
Ketua KPUD KBB Iing Nurdin

PADALARANG – Proses pendaftaran bagi peserta dari calon perseorangan atau independen di Pilkada KBB dimulai pada November 2017. Sementara untuk syarat jumlah dukungan saat ini Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) masih menunggu keputusan mengenai aturan yang akan dipakai sebagai patokan persyaratan dukungan tersebut.

“Untuk proses pendaftaran calon independen akan mulai di bulan November tepatnya dari tanggal 5-9 November 2017,” kata Ketua KPU KBB Iing Nurdin di Kantor KPU KBB, Jalan Raya Tagogapu, Padalarang, Rabu (9/8/2017).

Iing menjelaskan jika mengacu kepada DPT Pilpres dengan persentase 6,5% dari jumlah hak pilih yang mencapai 1.175.543 hak pilih, maka dukungan bagi peserta calon independen sekitar 76.000. Tapi jika nantinya aturan mengacu kepada DP4, maka kemungkinan angka jumlah dukungan bagi calon independen bisa bertambah lagi

Menurutnya ada dua alternatif mengenai jumlah persyaratan dukungan bagi calon yang akan maju dari independen. Yakni berdasarkan data yang mengacu kepada DPT pada Pilpres sebelumnya atau berdasarkan kepada DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu) yang akan ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Kami masih menunggu regulasi mana yang akan dipakai nantinya, jadi belum diputuskan berapa syarat dukungan KTP untuk calon dari independen,” kata dia. (dul)

Berita Terkait