Pengamat; Panglima TNI ke Depan Harus Paham Visi Nawacita Jokowi-JK

Thursday, 30 November 2017 | 08:00:47 | Penulis : bb1 | 65 Kali dilihat

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo

BANDUNG – Wacana mengganti Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mulai mengemuka. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Eksekutif PSPK (Pusat Studi Politik dan Keamanan) Unpad Muradi, bahwa pergantian Panglima TNI harus segera disiapkan oleh DPR RI untuk diajukan ke Presiden.

“Memang ada mekanisme yang mengatur, yakni harus melakukan penjaringan dengan DPR RI dalam hal ini Komisi I, sehingga harus segera dilaksanakan,” jelas Muradi, Kamis (30/11/17).

Muradi menambahkan, dengan sosok yang ada saat ini, nama tiga Jenderal dari tiga angkatan berpeluang diusulkan. “Kalau dari peluang, tiga jenderal yang ada di tiga angkatan, Darat, Laut dan Udara ketiganya punya peluang,” ungkapnya.

Namun jika merujuk kepada jatah angkatan, saat ini merupakan jatah TNI AU. “Darat sudah dua kali, Laut sudah, dan sekarang harusnya ke Udara, maka dari itu seleksi harus dilakukan sejak sekarang,” ungkapnya.

Menurutnya, ke depan Panglima TNI juga harus orang yang paham dengan visi Nawacita Jokowi -Jk, serta sosok yang bisa berada di atas semua angkatan. “Memahami dan mewujudkan Nawacita Jokowi-JK, serta menjadi sosok yang berada di atas semua angkatan. Karena setiap pergantian Panglima TNI selalu saja ada ego angkatan yang muncul,” pungkasnya.

Berita Terkait