Bale Kota BandungPamong

Perkuat Ekonomi Masyarakat Lewat Ketahanan Keluarga

Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial saat Raker dan Silaturahmi FPAB di Grand Pasundan Convention Hotel, Bandung, Sabtu (10/2/18). by Humas Pemkot Bdg

BANDUNG – Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial menekankan pentingnya kemandirian keluarga dalam kegiatan ekonomi masyarakat. Karena keluarga kuat mencerminkan masyarakat yang kokoh.

” Forum Peduli Anak Bangsa (FPAB) punya program Gepuk, atau Gerakan Penguatan Usaha Ekonomi Keluarga, tujuannya agar masyarakat bisa lebih berdaya secara ekonomi.Ini sangat positif karena sejalan dengan program Pemerintah Kota Bandung,” ujar Oded saat Rapat Kerja dan Silaturahmi FPAB di Grand Pasundan Convention Hotel, Bandung, Sabtu (10/2/18).

FPAB merupakan forum yang bergerak dalam bidang sosial yang tengah fokus pada peningkatan ketahanan keluarga melalui kemandirian ekonomi. Program ini bekerja sama dengan Pemkot Bandung, melalui Dinas Sosial, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah, dan dinas terkait lainnya.

Oded menyarankan agar FPAB juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk bisa memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk bisa bernilai ekonomi. Di tengah kondisi Kota Bandung yang makin ramai, warga harus bisa mengambil peluang ekonomi dari sana.

“Kita banyak program urban farming yang cukup sukses di beberapa daerah. Dari lahan yang terbatas di rumah-rumah warga bisa bercocok tanam, bisa dijual, atau dikonsumsi sendiri. Hal itu secara tidak langsung turut membangun ketahanan keluarga,” tutur Oded.

Mang Oded juga mengarahkan warga juga bisa memanfaatkan kreativitas untuk menjadi sumber ekonomi. Hanya saja, perlu dibantu dari segi pemasaran. “Kita mulai dari yang kecil-kecil tapi menghasilkan. Tapi warga kadang bingung mau dipasarkan ke mana. Saya harap nanti FPAB bisa membantu memberikan pelatihan bagaimana memasarkan produk-produk masyarakat,” ujarnya.

Ia berharap, kolaborasi antara Pemkot Bandung dan FPAB bisa makin memantapkan upaya untuk meningkatkan kapasitas ekonomi masyarakat. “Mudah-mudahan kolaborasi dengan Pemkot Bandung bisa menghasilkan hal yang positif, khususnya di dalam peningkatan kemampuan ekonomi masyarakat,” ujar Oded. []

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close