Pesta Miras Oplosan di Majalaya, 2 Tewas

Minggu, 17 Juni 2018 | 07:51:50 | Penulis : bb1 | 1675 Kali dilihat

MAJALAYA – Miras oplosan kembali menelan korban jiwa. Kali ini terjadi di Kampung Hanja RT 1/RW 15, Desa Majasetra, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung.

Berdasar informasi yang dihimpun di RSUD Majalaya, Minggu (17/6/18) pagi,dari empat peminum, dua orang tewas bernama Dadan Hardiyansyah (24) warga Kp Hanja RT 01/15 Ds Majasetra Kec Majalaya, dan Napit (18), warga Kp Gugunungan RT01/03 Ds Neglasari Kec Majalaya. Dua orang lainnya Rohmat (15) dan Ipan Sopian (17) masih dalam perawatan intensif RS Majalaya.

Mereka meminum miras yang dioplosnya sendiri yang diduga dilakukan pada malam takbiran lalu di Kampung Hanja RT 1/RW 15, Desa Majasetra, Kecamatan Majalaya.

Tapi Kapolsek Majalaya Kompol Sumaryoto menyatakan kedua korban tewas usai menenggak alkohol dengan kadar 70% yang dicampur minuman ringan pada malam takbiran. Sementara dua orang rekannya yang ikut meminum alkohol tersebut berhasil selamat, setelah dirawat di Rumah Sakit Majalaya.

“Jadi, kedua korban tewas bukan disebabkan miras oplosan. Tapi karena menenggak alkohol kadar 70% yang dicampur dengan minuman ringan rasa jeruk,” kata Kapolsek. Sementara peredaran miras sendiri di Majalaya diklaim sudah tidak ada.

“Memang tadi pagi, polsek menerima telepon dari RS Ebah Majalaya. Ada dua orang meninggal dunia akibat minum metanol setelah diperiksa oleh dokter,” imbuh Kompol Sumaryoto.

Ia menuturkan, total warga yang minum alkohol dicampur minuman ringan tersebut ada empat orang. Dua diantaranya tewas dan dua lainnya selamat. Namun, salah seorang yang selamat masih dicari keberadaannya sebab kabur setelah dibolehkan pulang oleh pihak rumah sakit. Diduga peminum yang kabur ini karena ketakutan dan khawatir temannya meninggal gara-gara miras oplosan.

Saat ini petugas kepolisian akan melakukan autopsi terhadap jasad Dadan di Rumah Sakit Sartika Asih, guna mengetahui penyebab pasti kematian korban.

Menurut Sumaryoto, dua orang yang tewas masuk ke RS Majalaya Sabtu (16/6) sekitar pukul 21.30 WIB dan meninggal sekitar pukul 23.00 WIB. “Jadi infonya, korban tewas bawa alkohol terus ngajak minum temannya yang bukan peminum,” jelasnya.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat yang memiliki anak agar dijaga dan dijauhkan dari miras serta menginformasikan ke kepolisian jika ada yang mengedarkan miras. ***

Selasa (10/4) Siang, Korban Tewas Miras Oplosan Cicalengka Jadi 41 Orang

Berita Terkait