Bale Kab BandungKomunitas

Pramuka Siapkan Citarum Jadi Wahana Edukasi dan Bermain

SOREANG – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Barat Dede Yusuf Macan Effendi menyatakan pihaknya akan membuat sejumlah program untuk turut aktif dalam Gerakan Citarum Harum. Dede mengatakan Pramuka akan menjadikan bantaran Sungai Citarum menjadi area bermain dan edukatif.

“Kami akan siapkan program bagus yang bersifat sebagai wahana bermain bagi anak-anak, remaja, pemuda dan masyarakat yang mengedukasi, termasuk berbagai permainan. Kita akan jadikan bantaran Sungai Citarum ini sebagai areal bermain tapi yang edukatif,” kata Dede kepada wartawan usai menghadiri Citarum Expo di Gedong Budaya Sabilulungan Soreang, Selasa (19/2/19).

Menurutnya Gerakan Pramuka di Citarum Harum bersifat massif yang melibatkan Pramuka di 9 kabupaten/kota yang terlintasi Sungai Citarum terdiri dari 38 kwartir ranting dan 250 gudep. “Jadi kalai kita hitung dari kegiatan rutin kita saja, maka akan ada sekitar 50 ribu orang sepanjang bantaran Sungai Citarum yang digerakkan oleh Pramuka,” kata dia.

Sambil bermain, Pramuka akan berinteraksi dengan masyarakat seperti mengajak agar memahami bahwa sampah (yang dihasilkan) itu bisa selesai dengan reuse, reduce, recycle, dan jangan sampai dibuang sembarangan ke Sungai Citarum.

Selain itu, lanjut dia, para anggota Pramuka dari gugus depan itu juga akan melakukan pola pendekatan lebih menarik serta inovasi agar kondisi Citarum bisa cepat membaik.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close