Program Hasanah Lindungi Warga Jabar

Rabu, 11 April 2018 | 16:01:34 | Penulis : bb1 | 106 Kali dilihat

BANDUNG – Anggota Komisi IX DPR RI Ketut Sustiawan menilai dua program unggulan yang digulirkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan, sebagai langkah melindungi masyarakat.

Kedua program dimaksud yakni Jabar Cageur dan Boga Gawe. Ketut menilai Jabar Cageur bertujuan untuk melindungi kesejahteraan masyarakat, khususnya di bidang kesehatan.

“Jadi, program ini agar rakyat Jawa Barat punya rasa aman, jaminan hidup di masa depan. Dan Jawa Barat harus bisa mewujudkan program nasional kesehatan secara menyeluruh,” terang Ketut di Bandung, Rabu (11/4/18).

Ia menyebut ada dua permasalahan kesehatan di Jabar, yakni, tingginya tingkat kematian ibu dan bayi serta gizi buruk. Maka itu, Jabar Cageur dibuat guna memberi pelayanan kesehatan yang layak bagi masyarakat. Menurutnya Jabar yang menduduki ranking 10 secara nasional untuk kematian ibu dan anak, menjadi fokus bagi pasangan Hasanah.

“Melalui program ini, targetnya adalah tiap kecamatan harus ada puskesmas rawat inap agar masyarakat mendapat pelayanan kesehatan tingkat pertama,” tegasnya.

Sedangkan, program Boga Gawe guna mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tingginya angka pengangguran disebabkan kurangnya kompetensi para pencari kerja. Karena itu, dalam program ini ada peningkatan kompetensi melalui pendidikan vokasi bagi para pencari kerja.

“Balai Latihan Kerja (BLK) yang ada harus direvitalisasi dan disesuaikan dengan industri lokal. Misal di Cirebon, BLK-nya fokus pada industri kelautan,” papar Ketut.

Boga Gawe merupakan program untuk menciptakan lapangan pekerjaan, serta memangkas angka pengangguran di Jabar. Program Boga Gawe memokuskan diri untuk menekan angka pengangguran hingga 50%. Salah satunya, membangun pusat-pusat kegiatan ekonomi yang terintegrasi.

Selain Jabar Cageur dan Boga Gawe, pasangan Hasanah juga memiliki program unggulan lainnya yakni Jabar Cageur, Jabar Sebeuh, Sakola Gratis, Imah Reumpeug, Turkamling serta Molotot.com []

Berita Terkait