Puluhan Kades di Kab Bandung Ikut Nyaleg

Sabtu, 14 Juli 2018 | 11:38:25 | Penulis : bb1 | 95 Kali dilihat

SOREANG – Puluhan kepala desa (kades) di Kabupaten Bandung berniat mencalonkan diri sebagai anggota Dewan. Untuk itu, DPRD Kab Bandung meminta agar Pemkab Bandung segera mendata total kades) yang akan ikut dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bandung Cecep Suhendar menuturkan hingga hari ini komisinya belum mendapatkan informasi resmi dan data pasti berapa total kades yang memutuskan mencalonkan diri di Pileg.

“Makanya, Senin (lusa) DPRD akan undang BPMPD (Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Daerah) untuk meminta data (kades nyaleg) itu. Karena memang harus segera didata,” ujar Cecep, Sabtu (14/7/18).

Bukan hanya terkait total kades yang ikut dalam Pileg, imbuh Cecep, data BPMPD juga penting diketahui mengingat ada beberapa kades di Kabupaten Bandung yang kini sudah memasuki habis masa jabatannya.

“Setelah didata ulang nanti diketahui berapa kades yang habis jabatan, mana yang ikut pencalonan. Nah yang ikut nyaleg, Pemkab nanti harus segera menunjuk Pjs (pejabat sementara) sebagai pengganti,” kata Cecep.

Terkait adanya kabar 30 kades di Kabupaten Bandung yang ikut Pileg akan tetapi belum mengundurkan diri, Cecep mengaku baru menerima laporan itu. Oleh karenanya, DPRD harus meminta klarifikasi dari pihak BPMPD.

“Sesuai PKPU nomor 20 tahun 2018 ASN, pegawai BUMN, BUMD, pejabat publik hingga kades harus mundur dari jabatannya. Maksimal itu tanggal 17 Juli (pendaftaran hari terakhir) sudah mundur,” tandas dia..***

Berita Terkait