Bale CimahiGaya HidupKesehatan

Ratusan Mahasiswa Kedokteran Disebar Cegah DBD

dbd3CIMAHI – Ratusan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) melakukan pemeriksaan jentik nyamuk di rumah warga di Jalan Ibu Ganirah RW 3 Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Tidak hanya itu mereka pun memberikan penyuluhan terkait bahaya Demam Berdarah Dengue (DBD) dan cara penanganannya.

Mahasiswa yang didampingi kader jumantik mendatangi satu per satu rumah warga.Mereka memeriksa setiap tempat penampungan air dan juga mengambil sampel air yang terdapat jentik nyamuk guna diidentifikasi jenis nyamuknya.

Pendamping mahasiswa sekaligus Dosen Fakultas Kedokteraan Unjani dr. Emma Mardliyah menyebutkan jika kegiatan terjun ke masyarakat langsung ini sebagai cara mengaplikasi ilmu yang diterima mahasiswa dalam bangku kuliah.

“Para mahasiswa ini belajar mengambil jentik nyamuk, memberikan penyuluhan dan pencegahan DBD, sekaligus bersosialisasi dengan masyarakat,” jelas Emma.

Apalagi saat ini cuaca sedang memasuki musim pancaroba dimana masyarakat perlu waspada dan mengantisipasi serangan penyakit DBD. Supaya warga menjaga kebersihan lingkungan di dalam rumah maupun di luar rumah agar tidak ada perkembangbiakan nyamuk.

Lebih lanjut dikatakanya kegiatan ini diikuti 175 mahasiswa semester VI. Mereka disebar ke rumah-rumah penduduk, dengan target jumlah rumah yang disambangi sebanyak 525 rumah. “Ini bentuk kontribusi kami kepada masyarakat mengingatkan bahaya penyakit DBD di Kota Cimahi yang termasuk daerah endemis DBD,” ucapnya. (fik)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close