Ratusan TNI Terjun Membangun Kertasari

Jumat, 6 Juli 2018 | 11:04:44 | Penulis : bb1 | 208 Kali dilihat

Dandim 0609/Kab Bandung, Andre Wira Kurniawan saat silarurahmi dengan para wartawan di Aula Kodim 0609/Kabupaten Bandung Jln. Gatot Subroto Cimahi, Jumat (6/7/18). by ist

CIMAHI – Wilayah Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung sebagai hulu Sungai Citarum akan mendapatkan sentuhan dari jajaran TNI Kodim 0609/Kabupaten Bandung yang akan melaksanakan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 di Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari.

Komandan Kodim 0609/Kabupaten Bandung, Andre Wira Kurniawan mengatakan fokus TMMD kali ini untuk membangun jalan penghubung dan jembatan karena selama ini warga harus memutar jauh untuk menuju ke Jalan Raya Kertasari.

“TMMD akan berlangsung dari 10 Juli sampai 8 Agustus yang akan dibuka Penjabat Gubernur Jabar, M. Iriawan,” kata Andre saat silarurahmi dengan para wartawan di Aula Kodim 0609/Kabupaten Bandung Jln. Gatot Subroto Cimahi, Jumat (6/7/18).

Sebelum pembukaan TMMD, kata Andre, sudah dilaksanakan pra TMMD dari 1-9 Juli yang melibatkan warga masyarakat. “Warga menyambut gembira adanya TMMD ini sehingga para prajurit bisa tinggal di rumah-rumah warga,” ungkap Dandim.

Kegiatan TMMD diantaranya pembuatan dan pengerasan jalan sepanjang 1.440 merer, penetrasi jalan 600 meter, dan tembok penahan tebing (TPT). “Kami juga membangun rabat beton jalan lingkungan atau gang-gang sehingga lebih nyaman dilintasi warga,” imbuhnya.

Pekerjaan lainnya berupa renovasi masjid, MCK umum, dan pelatihan kepada warga. “Kami berharap warga memiliki keterampilan seperti kuliner, menjahit, maupun rias pengantin. Kecamatan Kertasari sudah banyak didatangi wisatawan sebab hulu Sungai Citarum, namun belum ada rumah makan,” kata Andre.

Selain itu, TNI dan Pemkab Bandung juga akan memberikan keterampilan pengolahan hasil pertanian sebab para petani menjual hasil buminya tanpa diolah dulu. “Hasil pertanian khususnya sayur-mayur hanya dicuci dan dikarung untuk dikirim ke pasar. Kalau sayur-mayur bisa diolah akan meningkatkan pendapatan para petani,” tuturnya.

TMMD akan melibatkan 102 prajurit yang belum termasuk bantuan dari aparat kepolisian. “Dinas-dinas di Pemkab Bandung juga mendukung dengan terjun langsung ke Desa Cibeureum. Misalnya, Dinas PUPR membantu pengerahan alat berat untuk membuka jalan,” pungkas Dandim. ***

Berita Terkait