Bale Kab BandungOlahraga

Ribuan Karateka Ikuti Gashuku Nasional

Kadispora Kab Bandung Slamet Mulyana memberi sambutan pembukaan Gashuku Nasional BKC ke-45 di Pondok Puragabaya Kec Ciparay Kab Bandung, Rabu (19/12/18). by bkc

SOREANG – Ribuan karateka dari 17 provinsi di Indonesia mengikuti Gashuku Nasional BKC ke-45 di Pondok Puragabaya Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung.

Gashuku Bandung Karate Club (BKC) Nasional diikuti lebih dari 1.489 karateka dari 17 provinsi se-Indonesia yang dibuka Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Slamet Mulyana, Rabu (19/12/18).

“Kita harap gashuku ke depan bukan lagi tingkat nasional, tapi juga internasional, sampai ke luar negeri. Sebab ada ciri khas dari gashuku nasional ini di mana para gurunya mengembangkan keilumuan beladirinya dengan inovasi yang menjadi ciri khas BKC,” ucap Slamet dalam sambutannya.

Lebih dari itu, imbuh Slamet, selain menyamakan persepsi dari karateka di seluruh Indonesia, BKC juga bertujuan lebih mempererat tali persaudaraan kebersamaan yang akan lebih menguatkan BKC itu sendiri dan lebih maju. “Dari BKC ini nantinya akan muncul apa yang diharapkan untuk masa depan yang lebih gemilang,” imbuhnya.

Ketua V DPD KNPI Kab. Bandung Bidang Pemuda & Olahraga Indra Gunawan mengatakan Gashuku Nasional ini dilaksanakan selama tujuh hari mulai Senin (17/12) sampai Minggu (23/12/18), yang diikuti total 1.489 peserta.

Indra menerangkan Gashuku merupakan suatu kegiatan yang dapat jadi sarana untuk berlatih sambil berekreasi di alam bebas. Dengan berlatih di alam bebas, diharapkan tercapai keselarasan dengan alam dan merasakan perbedaan dengan latihan di tempat biasa.

Sebagai contoh, latihan di pasir pantai akan membuat langkah lebih berat sehingga memacu para karateka untuk lebih bersemangat dan berusaha keras. Demikian juga ketika berlatih dalam suasana pegunungan yang memiliki kadar oksigen lebih tipis, metabolisme akan dipacu ke tingkat yang lebih tinggi.

“BKC yang sudah berdiri sejak 16 Juni 1966 ini bertujuan membangun jiwa dan mental para generasi muda untuk bisa menjadi pilar atau benteng yang bisa menjaga kedaulatan NKRI,” kata Indra.

Dengan diadakannya acara tahunan Gashuku Nasional ini, imbuh Indra, diharapkan mampu mempererat tali silaturahmi diantara aktifis olahraga karate di kancah Nasional. ***

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close