Bale JabarOlahraga

Sabet 12 Emas, Taekwondo Jabar Juara Umum PON

Tim Taekwondo Jabar Juara Umum PON. by iwa/bbcom
Tim Taekwondo Jabar Juara Umum PON. by iwa/bbcom

BANDUNG – Setelah mendominasi hari pertama dan kedua pelaksanaan pertandingan cabang olahraga Taekwondo Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016, Jawa Barat, pada pertandingan hari ketiga, Selasa (27/9/16), tim Taekwondo hanya merebut satu medali emas dari lima medali emas yang diperebutkan.

Kendati begitu di hari keempat, Rabu (28/9/16), Jawa Barat kembali meraih satu medali emas sehingga terkumpul 12 medali emas. Emas terakhir diraih di Gyorugi Middle (73 Kg) Putri dengan taekwondoin Vinny Purnawati Yuspendi setelah mengalahkan Eka Sahara taekwondoin Kalimantan Timur. Dengan demikian gelar juara umum diraih Taekwondo Jabar setelah menyabet 12 emas, 2 perak dan 1 perunggu.

Ketua Umum Pengprov Taekwondo Indonesia (TI) Jabar, Benny R. Gautama bersyukur dengan torehan medali emas yang sudah diraih Jabar hingga saat ini. Dari total 20 medali emas yang diperebutkan di cabang olahraga taekwondo, Jabar sudah meraih 12 medali emas.

“Ini membanggakan, target terlampaui di mana target KONI Jawa Barat dan Pengprov TI masing-masing tujuh dan 10 medali. Dan ini pasti akan sulit diulang kedepannya, terus semangat pada atlet-atlet semua,” kata Benny di sela-sela pertandingan.

Benny menuturkan, pencapaian ini merupakan hasil dari kerja keras atlet, pelatih, hingga jajaran pengurus dalam mempersiapkan tim terbaik. Bahkan persiapan tim pun sudah jauh-jauh dilakukan sejak tiga tahun lalu.

“Semuanya sudah on the track, besok kita lihat perolehan kita. Kita sudah bisa capai 12 emas dan atlet masih bisa digunakan untuk empat sampai lima tahun ke depan. Untuk penghargaan dari pengprov TI Jabar, kita sudah siapkan. Berapa jumlahnya, yang pasti tidak malu-maluin,” selorohnya.

Sebelumnya, pada Selasa (27/9), satu medali emas bagi Jabar disumbangkan oleh Bintang Bagastian Nugraha dari nomor gyorugi kelas Fin (under 54 kg) putra. Bintang berhasil mengalahkan atlet taekwondo asal Sumatera Barat, Marstio Embrian Hidayatullah melalui sudden death setelah bermain imbang 5-5 di tiga babak. Dan medali perunggu di kelas ini diraih Reinaldy Atmanegara (Jawa Tengah) dan Yericho Sompie (Sulawesi Utara).

Sementara empat medali emas lain direbut oleh Jawa Tengah (dua medali emas), dan DI Yogyakarta serta Kalimantan Timur yang masing-masing menggondol satu medali emas. Dua medali emas bagi Jateng disumbangkan oleh Nabila Amalia Umu Aiman dari kelas feather (under 57 kg) putri setelah mengalahkan atlet putri Jabar, Anis Chintya Medina dengan skor 4-1. Sedangkan medali perunggu di nomor ini diraih Aryani (Sulawesi Tenggara), dan Mutiara Widanto Putri (Jambi).

Satu medali emas lain bagi Jateng disumbangkan dari kelas welter (under 80 kg) putra atas nama Hilali Syamsul yang mengalahkan Nick Putra Danial (Nusa Tenggara Timur) di babak final. Sementara medali perunggu diraih Mochammad Teguh Prakoso (Kalimantan Timur) dan Kharisma Christian (Bali).

Sedangkan medali emas bagi DI Yogyakarta disumbangkan dari kelas welter (under 67 kg) putri melalui Lia Karina Mansur setelah mengalahkan atlet Nangroe Aceh Darussalam, Fadhlunna Khairunnisa. Medali perunggu untuk kelas ini diraih Dian Putri Puspyta Sari (Jawa Tengah) dan Nanda Fernandia (DKI Jakarta).

Dan satu medali emas lain pada Selasa (27/9/2016) diraih Kalimantan Timur dari kelas bantam (under 53 kg) putri atas nama Mariska Halinda. Di babak final, Mariska berhasil mengalahkan atlet Jateng, Shaleha Fitriana Yusuf. Dan medali perunggu di kelas ini diraih atlet DKI Jakarta, Permata Cinta Nadya dan atlet Jawa Timur, Yunita Hary Wardany.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close