Bale Kab Bandung

Salman, Ustad Asal Kabupaten Bandung Berprestasi di MTQ Internasional

Hari Jadi Kab Bandung ke-378

SOREANG, Balebandung.com – Masyarakat Kabupaten Bandung patut berbangga hati, karena salah seorang putera daerahnya mampu berprestasi di tingkat dunia. Salman Amrillah berhasil menjuarai ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Internasional Tahun 2019.

MTQ Internasional 2019 tersebut berlangsung mulai tanggal 10 sampai 15 April 2019 di Kota Teheran Iran. Pada Kategori Tilawah Dewasa yang diselenggarakan di Mushalla Agung Imam Khomaini, Minggu (14/4/19) itu, Salman berhasil mengungguli peserta lainnya yang berasal dari Iran, Irak, Mesir dan Malaysia.

Prestasi Dewan Ustad Pondok Pesantren (Ponpes) Tanjung Salam Desa Panyocokan Kecamatan Ciwidey itu, memberikan kebanggaan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung. Pasalnya, ia tak hanya membawa nama harum bangsa dan negara, namun juga menambah deretan prestasi putera daerah asal Kabupaten Bandung.

Menyikapi prestasi tersebut, Bupati Bandung H. Dadang M. Naser mengatakan hal itu merupakan salah satu perwujudan dari harapannya, untuk bisa mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang bukan sekadar cerdas intelektual, namun juga berakhlaqul karimah.

“Keberhasilan Ananda Salman ini tentunya diharapkan dapat menginspirasi generasi muda lainnya di Kabupaten Bandung, untuk bisa memberikan yang terbaik bagi daerah, bangsa, negara dan juga agama, khususnya Islam,” ungkap Bupati Dadang Naser di kediamannya, Senin (15/4/19).

Raihan Salman, yang bertepatan dengan momen Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-378, menurut Dadang Naser merupakan kado terindah yang dipersembahkan warga Kabupaten Bandung untuk tanah leluhurnya.

“Saya sangat terharu, dan atas nama Pemkab Bandung, saya mengapresiasi kerja keras Ananda Salman dan dukungan keluarga serta semua pihak yang terkait. Ini adalah hadiah istimewa menjelang Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-378,” tutur Dadang Naser.

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesrak) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bandung H. Dana Karmana menambahkan, menjadi Juara 1 pada MTQ Internasional merupakan prestasi tertinggi yang pernah diraih Salman. Sebelumnya, terang Dana, Salman telah menorehkan beragam prestasi di tingkat daerah, regional maupun nasional.

“Ia pernah mencatatkan sejumlah prestasi antara lain, Juara 1 MTQ Antar Mahasiswa Tingkat Nasional di Sumatera Barat tahun 2013, Juara 1 di ajang yang sama di Jakarta tahun 2015 dan Juara III MTQ Antar Mahasiswa se-Asia Tenggara di Malaysia tahun 2015,” sebut Dana.

Di tahun 2018, ia juga sempat meraih Juara 1 MTQ Jam’iyyatul Qurro Wal Huffad Internasional di Karawang, Juara 1 MTQ Provinsi Jawa Barat di Sukabumi dan Juara III MTQ Internasional di Medan. “Selain itu, Salman juga pernah diundang Haflah Tilawah di Pakistan tahun 2017 dan 2018,” imbuh Dana.

Sementara itu melalui postingan di akun media sosialnya, Salman Amrillah mengungkapkan rasa syukur atas persembahan medali emas untuk negeri tercintanya itu. “Alhamdulillah, terima kasih Ya Allah, Kau berikan nikmat tak terhingga. Kebahagiaan ini akan selalu menjadi kenangan indah dalam hidupku,” tulis Salman di akun medsosnya.

Jebolan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Yamisa Soreang itu juga mempersembahkan prestasi tersebut untuk almarhum ayahandanya. “Terima kasih untuk semua yang telah mendoakan dan mendukungku. Ibuku, mertuaku, istriku, kakak-kakakku, adik-adikku, anak-anak santri Tanjung Salam, Pemerintah Kecamatan Ciwidey dan Pemkab Bandung. Ini juga saya persembahkan untuk almarhum Bapak juga,” ucap Salman.***

Tags
Show More

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker