Bale Kota BandungHukum

Satgas Saber Pungli Jabar Tangkap Tangan Petugas Imigrasi Bandung Pungli Biaya Buat Paspor

Sekda Jabar Iwa Karniwa usai Raker Satgas Saber Pungli Jabar, di Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (25/7/18). by Humas Pemprov

BANDUNG, Balebandung.com – Tim Satgas Saber Pungli Provinsi Jawa Barat, menggelar operasi tangkap tangan kepada seorang ASN Kantor Imigrasi Bandung. ASN tersebut bernama Rosliyantiyawati, staf pengambilan paspor.

Bersamaan dengan itu, Satgas Saber Pungli juga menangkap tangan calo bernama Dedi Irgi Suwarhy. Penangkapan oleh Tim Saber Pungli Jabar sendiri dilakukan pada Senin 6 Mei atau hari pertama bulan puasa.

Kepala Tim Tindak Unit II Satgas Saber Pungli Jabar, AKBP Basman mengatakan proses pembuatan paspor ada standar operasional yang dilanggar, yakni masuknya persyaratan dan uang melalui jalan pintas.

“Adapun modus operandinya, keduanya mentarif harga pembuatan paspor yang tidak sesuai dengan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yakni Rp 500 ribu per paspor,” ?ungkap AKBP Basman kepada wartawan, Sabtu (11/5/19).

Basman menambahkan, pembuatan paspor sesuai aturan yakni sebesar Rp 350 ribu per paspor. “Jadi keuntungan dari Dedi sebesar Rp 700 ribu yang berasal dari pemohon berinisial R. Untuk Akumulasi keuntungan yang didapat Rosliyantiyawati sebesar Rp 4,95 juta yang bersumber dari Dedi sebanyak 4 paspor,” paparnya.

Harga masing-masing seharga Rp 505 ribu dan dari saudari Eneng sebesar Rp 1,2 juta dari 4 paspor masing-masing Rp 300 ribu. “Lalu ada juga dari pemberian para pemohon yang ingin cepat proses pengambilan Rp 3,55 juta,” bebernya.

Basman bilang proses tangkap tangan itu berasal dari laporan masyarakat pada 30 April lalu terkait dugaan pungli di Kantor Imigrasi Kelas I Bandung. Kemudian disikapi Satgas dan turun Surat Perintah Tugas Nomor SP.Gas/66/IV/2019/Satgas Saber tanggal 30 April dan SPT Nomor SP.Gas/71/V/2019/Satgas Saber pada 6 Mei 2019.

“Pelaku diduga melanggar Pasal 12 huruf b Undang-undang Pemberantasan Tipikor,” tandas Basman. Total uang hasil pungli sebesar Rp 5,65 juta disita dari Dedi Rp 700 ribu dan Rosliyantiyawati Rp 4,95 juta. “Saat ini Saber Pungli sudah menggelar perkara kasus ini, untuk menentukan proses hukum selanjutnya,” pungkasnya.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close