Satpol PP Tertibkan Puluhan Bangli di Cileunyi

Jumat, 30 Desember 2016 | 08:02:20 | Penulis : bb1 | 267 Kali dilihat

Puluhan kios ilegal yang berdiri di atas trotoar sepanjang Jalan Raya Cinunuk Cileunyi, Kabupaten Bandung dibongkar petugas gabungan Satpol PP Jabar dan Pemkab Bandung, Kamis (29/12). by iwa/bbcom
Puluhan kios ilegal yang berdiri di atas trotoar sepanjang Jalan Raya Cinunuk Cileunyi, Kabupaten Bandung dibongkar petugas gabungan Satpol PP Jabar dan Pemkab Bandung, Kamis (29/12). by iwa/bbcom

CILEUNYI – Puluhan bangunan liar (bangli) atau kios ilegal yang berdiri di atas trotoar sepanjang Jalan Raya Cinunuk Cileunyi, Kabupaten Bandung dibongkar petugas gabungan Satpol PP Provinsi Jawa Barat dan Pemkab Bandung, Kamis (29/12/16).

Camat Cileunyi Wawan Ridwan mengatakan penertiban ini sebelumnya sudah disosialisasikan kepada para pemilik kios dan lapak, namun tak dihiraukan. Camat mengungkapkan, sejak lima bulan sebelumnya mereka sudah diperingatkan untuk membongkar sendiri kios yang berdiri di atas trotoar tersebut, tetapi mereka tetap membandel.

“Diperingatkan sudah kita lakukan tetapi mereka tetap membandel. Akhirnya kami melakukan sikap tegas dengan membongkar dan menertibkan sesuai dengan perda,” tegas Wawan kepada Balebandung.com di lokasi penertiban.

Menurutnya mereka sudah melanggar Perda Kebersihan,Ketertiban,Keindahan (K3) yang cukup menganggu ketertiban masyarakat. “Masyarakat menjadi sulit untuk melintas di atas trotoar karena digunakan dan dibangun kios berjualan oleh mereka,” ungkapnya.

Personel yang dikerahkan pun untuk menertibkan kios itu mencapai 200 orang yang di-backup unsur polisi dan TNI. Sementara yang ditertibkan sebanyak 50-an kios. “Ada yang membongkarnya sendiri,ada juga yang dibongkar petugas,” tutur camat.

Selain menghalangi trotoar,imbuh Wawan, keberadaan kios ilegal itu juga menghambat kelancaran saluran drainase apalagi saat musim hujan.”Ini kan jalan nasional. Jadi yang melanggar Perda K3 kita bongkar sebab keberadaan kios mereka juga menghambat saluran drainase di sepanjang Jalan Raya Cinunuk ini,” terang Wawan.

Berita Terkait