Sektor 7 Citarum Harum Launching 4 Bank Sampah Kelola Sampah Domestik

Sabtu, 24 November 2018 | 19:15:26 | Penulis : bb5 | 154 Kali dilihat

Dirut PT Hartadinata Abadi Tbk, Sandra Sunanto saat launching Bank Sampah di Taman Citarum Harum, Kp. Cikambuy RT 05/RW 10, Desa Sangkanhurip Kec. Katapang Kab. Bandung, Sabtu (24/11/18). by Pendam Slw

KATAPANG – Sektor 7 Satgas Citarum Harum di Desa Sangkanhurip Kec. Katapang Kab. Bandung me-launching Penanggulangan Sampah Domestik, di Taman Citarum Harum Kp. Cikambuy RT 05/RW 10 Ds. Sangkanhurip, Sabtu (24/11/18).

Penanganan sampah domestik bertujuan mensukseskan Program Citarum yang sedang berjalan sampai saat ini terselenggara atas kerjasama Satgas Citarum Harum Sektor 7 di bawah pimpinan Kolonel Kav Purwadi dengan PT. Hanadinata Abadi. Tbk.

Kerjasama diwujudkan dengan membuat Bank Sampah di 4 titik Citarum, guna meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam mengkonversi sampah rumah tangga menjadi bahan yang bermanfaat dan menghasilkan secara efesien serta ekonomis yang akan dikelola oleh anggota Sektor 7 Satgas Citarum Harum.

Dansektor 7 Kolonel Kav Purwadi mengatakan, dulunya Taman Citarum Harum di Desa Sangkanhurip penuh dengan sampah karena banyak warga yang membuang sampah ke sungai. Namun dengan adanya taman bermain seperti ini , warga bisa merasakan sendiri manfaat ketika memiliki lingkungan yang bersih.

“Dengan adanya Bank Sampah ini, masyarakat yang tinggal di sekitar Taman Citarum Harum akan sangat terbantu, karena mereka sekarang menjadi tahu apa manfaat langsung bagi mereka ketika bisa memilah sampah dengan baik,” kata Kol Purwadi.

Dalam amanatnya Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H., M.Tr.(Han) selaku Wadansatgas Citarum Harum Yang dibacakan Asisten Teritorial (Aster) Kasdam III/Siliwangi Kolonel Inf Adri Koesdyanto menyampaikan Penanggulangan Sampah Domestik merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Citarum Harum dengan tujuan terbangunnya sungai yang bersih, bebas dari sampah dan pencemaran. Pengelolaan sampah domestik dinilai merupakan salah satu upaya yang dapat mempercepat pemulihan Sungai Citarum.

Pangdam berharap dengan Launching Penanggulangan Sampah Domestik yang dicanangkan hari ini, dapat menjadi salah satu pemicu dalam upaya membangun budaya dan perilaku ramah lingkungan, yaitu dengan mengelola sampah domestik sehingga bernilai ekonomi dan dapat bermanfaaat bagi seluruh masyarakat, khususnya yang berada di sekitar Sektor 7 Citarum Harum.

Direktur Utama PT Hartadinata Abadi Tbk, Sandra Sunanto menjelaskan, sebagai perusahaan yang besar dan berkembang di Jawa Barat, Hartadinata Abadi merasa memiliki tanggung jawab untuk menjaga kelestarian Sungai Citarum.

Salah satu cara yang bisa perusahaan lakukan adalah dengan membangun Bank Sampah di Sektor 7 Taman Citarum Harum Sangkanhurip. Selain untuk mengedukasi masyarakat mengenai cara pengolahan sampah rumah tangga secara utuh dan lengkap, Sandra berharap Bank Sampah ini bisa merubah pola pikir masyarakat yang sebelumnya membuang sampah tanpa memilah, menjadi memilah sampah terlebih dahulu karena memiliki nilai ekonomis .

Kegiatanpun dilanjutkan dengan acara penyerahan secara simbolis gerobak sampah yang diserahkan oleh Aster Kasdam III/Siliwangi. Kemudian penyerahan mesin pencacah plastik yang diserahkan oleh Asisten Pemerintahan Pemkab Bandung Yudhi Haryanto kepada Satgas Citarum Harum dan penyerahan gerobak sampah oleh Dirut PT Hartadinata Abadi kepada Satgas Citaru Harum.

Acara diakhiri dengan penyeraham Taman Edukasi Citarum Harum dan perpustakaan kepada Ketua Karang Taruna Desa Sangkanhurip. Kemudian dilakukan penimbangan sampah dan pengumpulan di Bank Sampah dari masyarakat serta anak sekolah.***

Berita Terkait