Tiang Listrik Roboh Diterjang Angin Kencang Bandung Selatan

Sabtu, 22 September 2018 | 21:45:07 | Penulis : bb1 | 543 Kali dilihat

SOREANG – Ada dua tiang listrik sampai nyaris roboh di Jalan Raya Soreang dan di Kampung Ciluncat Desa Nagrak Kecamatan Cangkuang, akibat diterjang angin kencang dan hujan es yang melanda wilayah selatan Kabupaten Bandung sekitar pukul 15.20 WIB, Sabtu (27/9/18).

Tiang listrik yang berdiri di  pinggir Jalan Raya Soreang dan yang satunya lagi tak jauh dari Puskesmas Nagrak itu posisinya sudah miring dan nyaris roboh. Seketika listrik pun dipadamkan karena ada sebagian kabel listrik yang sudah menyentuh badan jalan. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian hujan es disertai angin puting beliung yang berlangsung sekitar satu jam ini.

Di Kecamatan Soreang, pohon tumbang juga menimpa kabel listrik dan menghalangi jalan di Desa Cingcin. Berdasarkan hasil assesment Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, pohon tumbang di pertigaan lampu merah Jalan Raya Soreang, depan Gedung DPRD Kabupaten Bandung juga menimpa sebuah mobil.

Hujan es dan angin puting beliung juga memporakporandakan sejumlah bangunan seperti Hotel Sutan Raja Soreang yang mengalami kerusakan bagian atapnya. Di Gedung Ormas Soreang tampak beberapa pohon tumbang dan beberapa baligo dan bilboard rusak. Namun ada pula rumah warga yang kebakaran di Komplek Gading Tutuka akibat kejadian angin berkecepatan lebih dari 35 – 60 knots itu.

Selain itu Kantor KPU Kabupaten Bandung dan Mapolres Bandung beberapa baligo bahkan antena parabola mesin ATM di Mapolres Bandung rusak diterjang angin. Begitu pula Depo Arsip milik Kementerian Perhubungan di Jl Bhayangkara Soreang samping Mapolres Bandung tampak acak-acakan.

Di Kecamatan Katapang tepatnya di pertigaan Warung Lobak sebuah billboard ukuran besar pun runtuh menimpa kios para pedagang di bawahnya. Selain itu juga angin memporakporandakan sejumlah ruko di Katapang.

Sekitar pukul 18.00 WIB reruntuhan pohon tumbang sudah dievakusi BPBD Kabupaten Bandung menggunakan Sinsaw dan jalan sudah normal kembali***

Berita Terkait