Tim Futsal Kab Bandung Targetkan Emas di Porda Jabar 2018

Jumat, 19 Januari 2018 | 19:30:13 | Penulis : bb1 | 172 Kali dilihat

Ketua AFKAB Bandung Marlan Nirsyamsu berpoto bersama Ketua Asosiasi Futsal Jabar Sadar Muslihat, usai Kongres Luar Biasa AFKAB di Soreang, Jumat (19/1/18). by ist
Ketua AFKAB Bandung Marlan Nirsyamsu berpoto bersama Ketua Asosiasi Futsal Jabar Sadar Muslihat, usai Kongres Luar Biasa AFKAB di Soreang, Jumat (19/1/18). by ist

SOREANG – Badan Pembina Olahraga (Bapor) Kabupaten Bandung berharap tim futsal putera puteri Kabupaten Bandung bisa mendulang emas pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) Oktober 2018. Apalagi tim futsal putera puteri Kabupaten Bandung saat ini telah lolos pada Babak Kualifikasi (BK) untuk Porda Jabar.

Ketua Bapor Kab Bandung, Marlan mengatakan, setelah adanya stagnasi pada kepengurusan Asosiasi Futsal Kabupaten Bandung (AFKAB), saat ini telah terbentuk kepengurusan dan kepemimpinan yang baru.

Diharapkan dengan adanya kepengurusan baru ini, tim futsal Kabupaten Bandung bisa menggeliat kembali serta berprestasi. Termasuk pencarian bakat-bakat baru yang banyak tersebar di 31 kecamatan, sehingga kedepannya dapat mengharumkan nama Kab Bandung.

“Kepengurusan baru sebagian besar dari Dinas Pendidikan, diharapkan bisa menggali potensi atlit futsal sejak dini dari setiap sekolah,” kata Marlan usai menghadiri Kongres Luar Biasa AFKAB di Soreang, Jumat (19/1/18).

Dengan terbentuknya kepengurusan baru ini, Marlan berharap AFKAB bisa menggelar berbagai turnamen. Turnamen bisa digelar di setiap tingkatan, seperti di tingkat sekolah. Dengan tujuan menggali bibit-bibit unggul atlet futsal dari Kabupaten Bandung sejak dini.

“Nantinya hasil dari penggalian potensi atlit, bisa disaring untuk berlaga di kancah liga amatir sampai laga profesional,” ujarnya.

Disinggung mengenai kesiapan tim futsal Kab Bandung, kata Marlan, ditargetkan bisa meraih medali emas pada Porda Oktober mendatang. Menurutnya Pemkab Bandung pun sangat concern terhadap perkembangan dan kemajuan olahraga, termasuk cabang olahraga futsal.

Pada 2018 ini, Pemkab Bandung mengalokasikan anggaran untuk KONI sebesar Rp 10 miliar. Termasuk didalamnya untuk anggaran pembinaan cabang olahraga futsal.

“Kalau cabor yang terdaftar di KONI itu ada 44. Anggarannya itu untuk semua cabor, namun tetap ada prioritas yang sekiranya sangat potensial mendapatkan medali emas. Kemarin juga saat pelaksanaan BK tim futsal ini yah dibiayai dari sana,”kata Marlan.

Ketua AFKB periode 2018-2022, Marlan Nirsyamsu menambahkan, saat ini pihaknya tengah berkonsentrasi untuk menghadapi Porda Jabar. Tim futsal putera puteri Kab Bandung yang telah lolos BK terus digenjot berlatih, serta terus melakukan uji coba tanding dengan berbagai tim yang ada di Kab Bandung.

“Tugas kami saat ini selain memperbaiki manajemen kepengurusan AFKAB, juga terus mempersiapkan tim futsal untuk Porda nanti. Kami terus berlatih dan mencari peluang agar tim putera puteri Kabupaten Bandung yang telah lolos BK ini bisa meraih medali emas pada Porda nanti,”kata Marlan Nisyamsu.

Marlan membenarkan jika di Kab Bandung tersebar bibit-bibit atlet futsal yang potensial. Begitu juga di tempat ini banyak terdapat club futsal yang telah teruji kemampuannya.

Saat ini pihaknya juga tengah melakukan identifikasi atau pendataan terhadap keberadaan club-club futsal. Dengan harapan bisa terdaftar di AFKAB dan bisa dilakukan pembinaan. Dengan begitu kedepannya, para pemain amatir dari berbagai club ini bisa beralih ke tim profesional.

“Kalau yang telah terakreditasi dan terdaftar di kami ada sekitar 50 club. Tapi luar itu masih banyak yang tersebar di semua kecamatan. Ini salah satu tugas kami untuk mendata dan melakukan pembinaan,”ujarnya.[]

Berita Terkait