Bale KBB

Nih, Tips Kaskus Bisa Jadi Situs Sukses, Cekidot Gaann…

KiKa - Andrew Darwis, Pendiri Kaskus, Naya Anindita, Sutradara Sundul Gan, Albert Halim, aktor Sundul Gan, saat meet and greet bersama mahasiswa yang digelar di Universitas Maranatha Bandung, Jumat (20/5). ist
KiKa – Andrew Darwis, Pendiri Kaskus, Naya Anindita, Sutradara Sundul Gan, Albert Halim, aktor Sundul Gan, saat meet and greet bersama mahasiswa yang digelar di Universitas Maranatha Bandung, Jumat (20/5). ist

BANDUNG – Bagi para netizen, nama Kaskus sudah tidak asing lagi. Kaskus yang merupakan singkatan Kasak Kusuk dikenal sebagai situs forum komunitas maya terbesar di Indonesia. Didirikan dua anak muda yakni Andrew Darwis dan Ken Dean Lawadinata pada November 1999 di Seattle, Amerika Serikat.

Kaskus terus berkembang selama perjalanan 17 tahun hingga sekarang. Kini Kaskus disebut jadi situs forum nomor satu di Indonesia. Saat ini saja, Kaskus dikunjungi sedikitnya 900 ribu orang dengan jumlah pageview melebihi 15 juta setiap harinya. Nih, cerita tips sukses yang membuat Kaskus tetap bisa menjadi besar seperti sekarang, cekidot gan…

Pendiri kaskus Andrew Darwis mengungkapkan resep kesuksesan Kaskus selama perjalanan 17 tahun. Menurut Andrew salah satu kunci sukses yang membuat Kaskus bisa jadi sebesar saat ini yakni selalu mendengarkan apa yang diinginkan pengguna (user).

“Sebenarnya rahasia kita dari user. Kita dengerin user. Awalnya kita kan dari discussion forum, kemudian ada user yang request minta difasilitasi untuk menjual produk, kita bikin Forum Jual beli. Jadi Kita emang selalu dengerin request dari user,” ujar Andrew di sela acara Meet and Greet Film ‘Sundul Gan’, di Universitas Kristen Maranatha, Jalan Surya Sumantri, Bandung, Jumat (20/5/16).

Selain itu, imbuh Andrew, rahasia lainnya yakni dengan membuat konten yang bagus. Dengan membuat konten-konten yang bagus, masyarakat akan selalu tertarik untuk mengunjungi Kaskus. “Dan kita ngerasa produk kita (bagus) itu kontennya. Bikin orang mau balik-balik lagi,”ungkapnya.

Dengan dua jurus ini lanjut Andrew, yang membuat Kaskus masih bertahan selama 17 tahun. Terlebih lagi saat ini Kaskus tergolong 7 besar situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

” Jadi yang bikin Kaskus rame sampai sekarang, ya karena kontennya banyak dan user nya banyak. Kalau kita posting apapun dalam hitungan menit pasti ada yang reply. Interaksi dua arah,”ungkap Andrew.

Disinggung banyak situs-situs baru bermunculan, Andrew tidak menganggap itu sebagai saingan atau rivalnya. Menurut dia, hal tersebut justru menjadi positif. Sebab dengan banyak bermunculannya situs-situs baru menjadi sarana edukasi untuk membuat orang jadi makin melek internet.

“Kayak ada Tokopedia, Bukalapak, OLX dan segala macam, menurut kita sebenarnya kita malah senang sih ,dengan adanya mereka ini semua. Ini yang justru mengedukasi orang supaya cobain internet. Jadi buat kita bukan saingan, tapi jadi salah satu cara buat growing industry supaya makin rame dan banyak orang main internet,”kata dia.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close