Politik Jabar

Mantan Aktivis 98 Dukung Jokowi – Amin

Tolak Capres Pelanggar HAM

Presidium PENA 98 Rafael Situmorang memberikan keterangan pers, Kamis(14/3)/bb-2

BANDUNG – Mantan aktivis 98 yang tergabung dalam Perhimpunan Nasional Aktivis (Pena) 98 menyatakan dukungan terhadap pasangan 01 Joko Widodo – Ma’ruf Amin dalam Pemilu 2019. Pasangan petahana Jokowi – Amin dinilai memiliki rekam jejak bersih dan tak terlibat kejahatan hak azasi manusia (HAM).

Presidum PENA 98, Rafael Situmorang, mengatakan, pihaknya tidak akan memilih Prabowo karena pernah melanggar HAM terutama saat berlangsungnya reformasi pada 1998. “Kami tegas. Tidak akan pernah lupa dengan tragedi 98,” kata Rafael di Bandung, Kamis (14/3/19).

Dia menilai, Prabowo paling berpotensi menjadi aktor penculikan aktivis pada 1998 silam. Hal ini berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan Komisi Nasional (Komnas) HAM. Oleh karena itu, dia meragukan komitmen pemerintah dalam menegakkan hukum jika Prabowo terpilih sebagai presiden.

Rafael pun memuji Joko Widodo akan serius dalam bidang hukum karena tidak memiliki masa lalu negatif terkait aspek tersebut. “Di masa sekarang, Jokowi sudah mulai melakukan proses itu. Dengan melibatkan aktivis 98 yang jadi aktor sejarah. Membantu juga mengungkap masalah itu. Sekarang kita tidak berdiri di ruang hampa,” paparnya. ***

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker