Bale Kota Bandung

Ungkap Penyebar Hoax KPPS Meninggal Akibat Racun, Polrestabes Tunggu Laporan dari Jateng

BANDUNG, Balebandung.com – Kabar adanya KPPS meninggal akibat racun, dipastikan kabar hoax.Untuk itu Polrestabes Bandung terus melakukan penyelidikan.

Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP M Rifai mengatakan, bahwa pihak keluarga almarhum Sita keberatan dengan informasi tersebut dan melaporkannya ke Polsek Kiaracondong.

“Polrestabes Bandung menerima laporan pengaduan informasi hoax yang menyebutkan petugas KPPS meninggal dunia,” kata Kasatreskrim Polrestabes Bandung, AKBP M Rifai, Minggu (19/5/19).

Hoax itu disebarkan via Facebook dengan akun milik Dody Fajar. Akun itu menyebarkan informasi bahwa petugas KPPS di Kelurahan Kebonjayanti Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung, meninggal karena diracun sianida.?

?Rifai menerangkan, pihaknya sudah menyelidiki dan mencari siapa di balik penyebar hoaxitu. “Hanya saja, belakangan diketahui Polda Jateng sudah menanganinya, sehingga kami sedang menunggu karena katanya di Polda Jateng turut menangani juga termasuk juga yang di Bandung,” jelas Rifai

Polisi sudah memastikan kabar itu palsu. Kapolsekta Kiaracondong Kompol Asep Saepudin yang menerima laporan pengaduan dari keluarga menerangkan informasi sebenarnya di balik kematian ?petugas KPPS itu. Kata dia, petugas KPPS bernama Sita Fitriati meninggal karena sebelumnya menderita penyakit TBC.

“Itu TBC sudah lama, sedang dalam berobat, dia jadi anggota KPPS. Pada saat pencoblosan, dia ngedrop, pulang jam 12 siang. Sampai kemarin dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin nggak sembuh terus meninggal dunia,” kata Asep belum lama ini. ?

Informasi yang menyatakan bahwa Sita meninggal karena diracun tidak bisa diterima akal sehat. Pasalnya, kepastian meninggal diracun harus didukung alat bukti medis. “Kalau benar (diracun) kita pasti bertindak, justru ini hoax,” tandas Asep.
?
Adapun informasi yang disebar di media sosial itu yakni : “Ditemukam zat kimia C11H16NO2PS dalam tubuh korban KPPS, efek dari Racun….VX (nama IUPAC: O-ethyl? S-[2- (diisopropylmino) ethyl] methyphosphonothioate) merupakan senyawa golongan organofosfat yang sangat beracun,”

Akun itu juga memposting dua foto. Pertama memperlihatkan adanya gambar dengan tulisan ‘Misteri Kematian Petugas KPPS 2019’ dan foto kedua nampak dua orang perempuan dan salah satunya diduga sebagai petugas meninggal.***?

Tags
Show More

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker