Bale Kota BandungPamong

Uni Eropa Siap Kerjasama dengan Bandung


Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menerima kunjungan duta besar 14 negara Uni Eropa di Balai Kota Bandung, Jumat (12/2/16). Pertemuan tersebut membicarakan berbagai hal terkait inisiatif pembangunan, peluang kerjasama antara Kota Bandung dengan Uni Eropa terutama yang berhubungan dengan ekonomi kreatif dan konsep smart city.

Di hadapan para dubes Uni Eropa, walikota memaparkan keunggulan wilayah Kota Bandung dan potensi ekonomi terutama ekonimi kreatif. Sebagai kota metropolis setelah Jakarta, Bandung sangat potensial dan memiliki keunggulan tersendiri.

“Jadi kita di Kota Bandung ini, terus menumbuhkan ekonomi kreatif bagi masyarakat. Ini salah satu upaya untuk mengatasi pengangguran,” papar Ridwan.

Dijelaskan Ridwan, saat ini Pemkot Bandung telah bekerjasama dengan Facebook dengan memberi ruang untuk mamasarkan produk-produk usaha kecil menengah (UKM) yang diberi nama Bandung Online Store. “Minggu ini, kami juga akan meluncurkan konten Bandung di Facebook,” ujarnya.

Emil menginginkan bidang ekonomi kreatif seperti desain produk, fesyen, makanan dan lainnya dapat dijual dan dipasarkan di Bandung Online Store tersebut. Diutarakannya hal tersebut merupakan bagian dari upaya dan jawaban dari pemkot Bandung dalam era persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Selain ekonomi kreatif, Emil juga memaparkan masterplan Kota Bandung beberapa tahun ke depan, salah satunya Bandung Teknopolis dengan konsep smart city.

“Ini bagian dari smart city, Bandung teknopolis saat ini sedang dalam proses pembangunan dan dipastikan akan menjadi ikon pertumbuhan ekonomi baru di Indonesia,” jelasnya. Emil pun mengajak para negara negara Uni Eropa untuk bekerja sama dan berinvestasi di Kota Bandung.

Sementara itu, Duber Uni Eropa Vincent Guerend mengaku merasa senang datang ke Bandung. “Saya dan para kolega Dubes Uni Eropa sangat senang datang ke Kota Bandung,” kata VIncent.

Vincent menjelaskan, sebuah perkotaan akan menentukan masa depan, di mana hal itu diibaratkan sebagai mesin pertumbuhan dan inovasi. Oleh karena itu, menurut Vincent hasil kunjungannya ke Pemkot Bandung akan bisa memacu kerja sama lebih lanjut antara Kota Bandung dengan negara-negara Uni Eropa.

Tak hanya itu, Vincent mengaku bangga perihal dukungan yang diberikan Kota Bandung atas lahirnya piagam hak asasi manusia (HAM) Kota Bandung yang belum lama ini diluncurkan. “Kami bangga atas dukungan yang diberikan terkait Piagam Hak Asasi Manusia Kota Bandung,” ucapnya.

Show More

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker