Usung Sawelas Asih, Hasanah Didukung Budayawan

Minggu, 4 Maret 2018 | 10:18:43 | Penulis : bb1 | 173 Kali dilihat

Cawagub Jabar no urut 2 Anton Charliyan saat Gelar Seni Buhun, Milangkala Ka VI DPP Paku Padjadjaran, Sabtu (3/3/18) malam. by HMC

BANDUNG – Ketua Dewan Perwakilan Pusat (DPP) Paku Padjajaran Jabar, Moch Kahfi Nurdiman mengapresiasi gagasan Sawelas Asih yang diusung pasangan Hasanah (Tubagus Hasanuddin – Anton Charliyan), sebagai basis untuk membangun Jawa Barat.

Sawelas Asih yang berarti 11 gagasan pondasi membangun Jawa Barat di mana menjadikan budaya lokal sebagai pondasi dalam membangun mental dan karakter generasi bangsa.

“Saya apresiasi itikad Kang Hasan dan Kang Anton dalam menjaga kelestasrian budaya Sunda,” ucap Kahfi dalam acara Gelar Seni Buhun, Milangkala ka-VI DPP Paku Padjadjaran, Sabtu (3/3/18) malam.

Kahfi menilai pasangan Kang Hasan dan Kang Anton adalah calon yang paling berkomitmen dalam menjaga nilai-nilai budaya Sunda. Di matanya, kiprah Kang Hasan dan Kang Anton sudah sejak lama membangun kebudayaan sunda.

Ia juga beharap pasangan Hasanah dapat terpilih dalam kontestasi Pemilihan Gubernur Jabar mendatang, agar mampu membawa kebudyaan Jawa Barat lebih maju.

“DPP Paku Padjajaran Jabar siap mendukung program Hasanah dalam mewujudkan budaya yang santun dan bertatakrama,” tandas Kahfi.

Dalam kesemepatan tersebut, Kang Anton mengungkapkan pentingnya mempertahankan budaya sunda. Menurutnya, di Jabar masih sangatlah kental dengan kultur budaya serta memiliki karakter tatakrama dan sopan santun.

Calon Wakil Gubernur pasangan nomor dua ini menambahkan Suku Sunda merupakan cikal-bakal berdirinya peradaban di Nusantara. Sudah sepatutnya diletakkan sebagai pondasi untuk membangun pembangunan daerah Jawa Barat.

“Budaya Sunda itu menjadi magnet orang-orang luar negeri untuk mempelajarinya. Karena itulah kita harus bangga dengan Budaya Sunda yang kita miliki,” seru Kang Anton.

Salah satu karakter budaya Sunda, sebut Anton, adalah silih asih, silih asah dan silih asuh. Ungkapan itu memiliki arti saling mengasihi, memiliki sifat welasasih antara sesama.

Dengan alasan itu pihaknya akan serius dalam mempertahankan kebudayaan Sunda yang ramah tersebut dengan menggulirkan program Turkamling (Infrastruktur Keamanan dan Lingkungan) serta Budaya.

Pembangunan sektor kebudayaan menurut Anton sama pentingnya seperti membangun infrastruktur, menciptakan keamanan dan membangun lingkungan yang kondusif. “Kami akan menggulirkan pembangunan kebudayaan ini sebagai program unggulan,” tandasnya.

Pasangan Hasanah sendiri memiliki gagasan Sawelas Asih yang diusung untuk membangun Jawa Barat. Dalam Sawelas Asih terdapat 7 program unggulan, yakni BogaGawe, JabarSebeuh, ImahRempeg, SakolaGratis, JabarCageur, Turkamling& Budaya, Molotot.com. []

Berita Terkait