Waduh, Daging Si Macan Kumbang Lodaya Dimakan Warga Soreang

Rabu, 5 Desember 2018 | 12:23:41 | Penulis : bb1 | 269 Kali dilihat

Kulit macan kumbang yang dagingnya dimakan warga Soreang. by BBKSDA Jabar

SOREANG – Ada babak baru kisah matinya seekor macan kumbang atau lodaya akibat ditembak dengan senapan angin oleh warga Kampung Pangguyangan, Desa Sukanagara Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung, beberapa waktu lalu.

Saat kuburan lodaya yang bernisan batu besar itu digali pada Jumat (30/11/18) lalu sekitar pukul 11.00 WIB, ternyata bangkai macan kumbang tidak ada di dalamnya.

Penggalian dilakukan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat Gugus Tugas Bidang KSDA Wilayah II Soreang, disaksikan pengurus RT dan RW serta tokoh masyarakat Kampung Pangguyangan didampingi mitra kepolisian. Hal itu dilakukan guna kepentingan nekropsi atau semacam autopsi, sesuai prosedur dari BBKSDA.

Hasilnya mencengangkan, Gugus Tugas tidak menemukan bangkai macan setelah dilakukan penggalian sedalam lebih dari satu meter.

“Kuburan macan ternyata sudah digali lagi oleh warga, dan dimasak dagingnya untuk dimakan, dengan alasan ingin mencoba daging macan. Sudah ada tiga warga yang mengaku memakan dagingnya. Sementara kulitnya kami sita,” kata Koordinator Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan Tumbuhan dan Satwa Liar BBKSDA Jabar Bidwil II Soreang, Toni Setiana kepada Balebandung.com, Rabu (5/12/18) .

Sementara sisa tulang belulang serta kepala lodaya, menurut warga yang melakukannya diberikan ke anjing kampung piaraan, sehingga hanya tersisa kulitnya saja dan sudah disita pihak BBKSDA Jabar.

Apakah terhadap pelaku pelanggaran kepada satwa dilindungi undang-undang ini akan diproses hukum? Toni menjawab, pihaknya tengah melakukan pendalaman dan kajian.

“Setelah data terkumpul atau sudah komprehensif kami akan sampaikan kepada pimpinan untuk proses selanjutnya,” pungkas Toni.

Diberitakan Balebandung.com sebelumnya, seekor macan kumbang ditembak mati oleh warga di Kampung Pangguyangan, Desa Sukanagara Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung.

Lodaya atau macan kumbang yang lari dikejar warga dan anjing kampung itu pun meloncat ke atas pohon cengkeh. Lantas dibidik warga dengan senapan angin. Dan.. “dorr!” tembakan warga tepat mengenai kepala sang macan. Macan hitam itu langsung tak berkutik dan lunglai dengan tetap tersangkut di dahan pohon cengkeh.***

Nih, Kisah Si Macan Kumbang yang Ditembak Mati Warga Soreang

Warga Soreang Tembak Mati Seekor Macan Kumbang

Berita Terkait