Wakapolda Jabar Lantik 850 Bintara Polri

Rabu, 7 Maret 2018 | 09:08:45 | Penulis : bb9 | 353 Kali dilihat

Waka Polda Jabar Brigjen Pol Drs. Supratman SH MH melantik 850 Bintara Polri, di SPN Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (6/3/18).

CISARUA – Waka Polda Jabar Brigjen Pol Drs. Supratman SH MH melantik 850 Bintara Polri, di SPN Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (6/3/18). Bintara yang dilantik dalam upacara Penutupan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri TA 2017/2018 ini terdiri dari 788 polisi laki-laki dan 62 polwan.

Mereka dinyatakan lulus mengikuti pendidikan selama tujuh bulan, di Sepolwan Lemdiklat Polri, Pusdik Sabhara, Pusdik Binmas, dan 29 SPN Pembentukan Bintara dan Tamtama jajaran Polda di seluruh Indonesia.

Wakapolda menyampaikan amanat Kapolri, bahwa dalam menjalankan berbagai strategi dan kebijakannya, Polri perlu didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, yaitu personel Polri yang paham bagaimana menjalankan tugas pokok, fungsi, dan perannya, sejalan dengan prinsip berdemokrasi, mampu memegang amanat masyarakat yang diberikan kepadanya.

“Serta senantiasa melayani masyarakat tanpa pamrih dan mampu mempertanggungjawabkan setiap tindakannya kepada rakyat selaku pemberi mandat,” tandas Wakapolda.

Kinerja dan perilaku Bintara Polri akan berpengaruh besar terhadap citra dan penilaian masyarakat terhadap organisasi Polri. Melalui penerapan kebijakan minimum zero growth dan sistem Rekruitmen yang berasaskan BETAH, kata Wakapolda, Polri diharapkan dapat menghasilkan Bintara Polri dengan memiliki kualifikasi umum maupun Bintara Polri dengan kualifikasi khusus.

Selama proses pendidikan, para Bintara Polri ini telah dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan di bidang kepolisian, sebagai modal utama dalam menghadapi berbagai tantangan tugas di lapangan.

Lebih khusus pada tahun 2018 ini, Polri akan menghadapi beberapa agenda nasional yang memerlukan konsentrasi dan langkah-langkah strategis dalam pengamanannya, antara lain: pengamanan Pilkada Serentak 2018, tahapan Pemilihan Legislatif dan Pilpres 2019, Asian Games 2018 di DKI Jakarta, Sumatera Selatan, dan Jawa Barat, serta IMF-Word Bank Annual Meeting 2018 di Bali.

“Untuk itu, pelantikan Bintara Polri T. 2017/2018 ini, selayaknya disyukuri sebagai momentum awal pengabdian Saudara kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Saudara akan langsung dihadapkan pada beragam agenda nasional yang memerlukan kesiapsiagaan Polri secara optimal,” kata Suparman.

Nih, beberapa penekanan yang disampaikan Wakapolda:
1. Senantiasa tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan moral dalam berpikir, bersikap, dan bertindak, baik dalam tugas kedinasan maupun dalam kehidupan sehari-hari;
2. Amalkan nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya, sebagai pedoman pelaksanaan tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara;
3. Jalin komunikasi dan kerja sama sinergis dengan masyarakat, TNI, dan seluruh pemangku kepentingan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat;
4. Tingkatkan pengetahuan dan keterampilan dengan terus belajar dan berlatih guna mendukung keberhasilan pelaksaan tugas yang semakin kompleks; dan

“Jadilah teladan bagi masyarakat serta hindari perbuatan yang dapat menjatuhkan kehormatan diri, keluarga, dan organisasi Polri,” pesan Wakapolda. []

Berita Terkait