Bale Cimahi

1,8 Juta KPM Diluar Jabodetabek Akan Terima BST Dari Kemensos 

meninjau penyaluran BST di Kantor Pos Cimahi, Minggu (10/5/20). by dila/bbcom

CIMAHI – Sebanyak 1,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di luar Jabodetabek akan segera menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara menyampaikan, teknis pendistribusi BST akan dilakukan mulai pekan ini dengan nilai bantuan sebesar Rp600 ribu per KPM.

“Uangnya jangan dibelikan rokok, itu untuk keluarga. Beli makan, yang penting-penting,” tandas Mensos saat meninjau penyaluran BST di Kantor Pos Cimahi, Minggu (10/5/20).

Bagi yang belum tercover BST, lanjut menteri, nantinya di-cover bantuan pemerintah provinsi atau kabupaten kota. Julianri pun meminta intervensi dari pemda.

“Sebab bantuan Rp600 ribu dari pemerintah pusat secara keseluruhan tidak akan mencukupi kebutuhan masyarakat yang terdampak Covid-19,” tukasnya.

Juliari juga berharap pemerintah daerah memperhatikan akurasi data dan terus diperbaharui untuk dimasukan ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Dengan pembaharuan data dari pemerintah daerah, maka diharapkan target penerima BST dapat tersalurkan untuk masyarakat yang benar-benar membutuhkan,” tuturnya.

Direktur Utama PT Pos Indonesia Gilarsi W. Setijono pihaknya akan bersinergi dengan unsur muspida dan Dinas Sosial daerah dalam mendistribusikan Bantuan Sosial Tunai (BST).

“Dengan dukungan pemerintah daerah, aparat keamanan setempat dan koordinasi yang baik, kami harap tugas ini dapat berjalan dengan baik, lancar, dan aman,” ucap Gilarsi.

PT Pos akan mengoptimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki dengan dukungan teknologi yang handal dan dilaporkan kepada pemerintah secara faktual dan transparan.

“Dalam seluruh proses pendistribusian BST ini juga akan sesuai protokol kesehatan termasuk menerapkan physical distancing,” kata Gilarsi. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close