Bale Kota BandungHukum

19 Saksi Diperiksa dalam Kasus Korupsi Deposito BUMD Kota Bandung

Kajari Kota Bandung Rudy Himawan

BANDUNG, Balebandung.com – Kejari Kota Bandung menetapkan Direktur Administrasi dan Keuangan PD Pasar Bermartabat Kota Bandung, Andri Salman sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi.

Kepala Kejaksaan Negeri Kota Bandung, Rudy Himawan mengatakan yang bersangkutan ditetapkan tersangka korupsi penyimpangan penggunaan aset deposito BUMD Kota Bandung 2017.

“Sesuai hasil penyelidikan, kita tetapkan tersangka,l,” ujar Kepala Kejari Kota Bandung, Rudy Himawan di Kantor Kejati Jabar, Senin (22/7) lalu.

Perkembangan kasus tersebut, menurut Kasipenkum Kejati Jabar Abdul Muis sudah melakukan tahap pemeriksaan kepada para saksi terkait. “Bertahap saksi kita mulai panggil untuk dimintai keterangan atas dugaan korupsi ini,” jelas Muis, Kamis (25/7/19).

Muis menyebut jumlah saksi yang diperiksa mencapai 19 orang. “Ada 19 orang itu terdiri dari berbagai pihak. Ada dari Pemkot, pihak swasta dan dari jajaran PD Pasar Bermatabat,” terangnya. Penetapan tersangkanya berd?asarkan surat penetapan tersangka dengan nomor 1673/M.210/Fd.1/01/2019 tertanggal 22 Juli 2019.

Kasus ini bermula saat PD Pasar Bermartabat Kota Bandung mendepositokan aset berupa uang ke bank senilai Rp 2,5 miliar. Namun oleh tersangka, deposito itu digadaikan ke bank lain secara melawan hukum, tanpa persetujuan direksi, komisaris dan Walikota Bandung. Pihak Kejari Bandung sudah mengaudit kerugian keuangan negara dalam perkara itu. Dari hasil audit diketahui, kerugian negara mencapai Rp 2,5 miliar.

Kepada tersangka, diterapkan Pasal 8 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Pasal itu berbunyi : Seorang pejabat atau orang lain yang ditugaskan menjalani suatu jabatan umum terus-menerus atau untuk sementara waktu, yang dengan sengaja menggelapkan uang atau surat berharga yang disimpan karena jabatannya, atau membiarkan uang atau surat berharga itu diambil atau digelapkan oleh orang lain, atau menolong sebagai pembantu dalam melakukan perbuatan tersebut.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close