Bale Kota BandungHukum

2019 Dicanangkan Tahun Desain Industri

Dirjen KI Kemenkumham Freddy Harris usai jadi narasumber seminar Pencanangan Tahun 2019 sebagai Tahun Desain Industri, di Hotel Crown Bandung, Selasa (12/3/19).

BANDUNG – Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM, menggelar seminar Pencanangan Tahun 2019 sebagai Tahun Desain Industri, di Hotel Crown Bandung, Selasa (12/3/19).

Dalam kegiatan DJKI yang digelar di Bandung, DJKI menargetkan tahun 2019 harus memberikan kesadaran kepada masyarakat akan perlindungan desain industri.

Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Dirjen KI) Freddy Harris menyambut baik langkah tahun 2019 sebagai Tahun Desain Industri.

“Untuk menuju negara maju, bangsa ini perlu memanfaatkan kekayaan intelektual yang memiliki daya saing dalam sektor industri, salah satunya melalui desain industri. Banyak potensi desain industri yang dihasilkan masyarakat Indonesia, baik individu maupun kelompok,” jelas Freddy.

Menurutnya pada tahun 2015 Indonesia masuk dalam negara yang potensi kreatifitasnya tinggi. “Dan Bandung menjadi kota kreatif bidang desain dan fashion,” sebut Freddy.

Ia beralasan pencanangan Tahun Desain Industri sendiri, karena adanya dua universitas pemohon berasal dari Bandung. “Ada ITB dan Universitas Telkom yang mengajukan Tahun Desain Industri. Untuk itu DJKI mencanangkan Bandung jadi pijakan awal rancangan Desain Industri 2019,” jelasnya.

Indonesia sendiri, kta Freddy, masuk dalam Good Design Award tahun 2018 di Jepang. “Ada tujuh produk yang mendapat Good Design Award kategorinya G Mark Best 100 Dan G – Mark Good Design,” paparnya.

Dengan dicanangkannya 2019 sebagai Tahun Desain Industri diharapkan kesadaran masyarakat, khususnya pelaku usaha, terhadap perlindungan desain industri makin meningkat. “Saya berharap masyarakat sadar dan menyadari hal ini, ” pungkasnya.***

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close